17 Manfaat Air Putih Bagi Tubuh - 5.0 out of 5 based on 1 vote
5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)

Ketahui 17 Manfaat Luar Biasa Banyak Minum Air Putih Untuk Kesehatan Kulit, Rambut dan Tubuh Anda 

17 manfaat minum air putih

Semua dari kita pastinya telah mengetahui pentingnya untuk menghidrasi tubuh kita dengan minum air putih yang berkualitas baik (contohya Kangen Water), namun pernahkan anda tahu manfaat lebih dalam konsumsi air putih bagi kesehatan kulit, rambut dan tubuh kita? Sebelum kita membahas mengenai 22 manfaat  air putih bagi kesehatan kulit, rambut dan tubuh, mari kita kenali beberapa fakta berikut tentang pentingnya kita harus minum banyak air:

 

  • Air merupakan komponen esensial bagi tubuh untuk berfungsi secara efektif. Sekitar 60 hingga 75% berat tubuh kita didominasi oleh air, termasuk kandungan air pada kulit, jaringan, sel dan organ-organ tubuh.
  • Air mencegah dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan asupan cairan untuk mendukung fungsi-fungsi vital agar dapat bekerja dengan baik.
  • Air membuang toksin dan limbah-limbah sisa dari tubuh sehingga tubuh akan tetap bersih.
  • Air dibutuhkan untuk memproses semua nutrisi yang kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi serta untuk membawa nutrisi-nutrisi tersebut ke sel-sel dengan jalan mensirkulasikannya melalui sistem limpatik.
  • Kekurangan air pada tubuh dapat mengakibatkan konstipasi, asma, alergi, hipertensi, migrain dan banyak masalah kesehatan lainnya.
  • Setiap hari kita kehilangan air melalui perspirasi, urin, bernafas dan buang air besar. Oleh karena itu, adalah merupakan suatu hal yang penting untuk menggantikan cairan di tubuh dengan jalan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air.
  • The Institute of Medicine mengatakan bahwa konsumsi air putih secara umum pada pria setidaknya 3 liter perhari, dan pada wanita sekitar 2,2 liter perhari.

 

Manfaat Air Bagi Kulit

manfaat air bagi kulit

Sama seperti organ-organ tubuh kita, kulit juga tersusun atas sekelompok sel. Sel-sel kulit juga sama seperti sel-sel organ lainnya membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa manfaat air bagi kulit diantaranya sebagai berikut:

  1. Air merupakan hal yang esensial untuk menjaga kelembaban kulit yang optimum dan mengantarkan nutrisi esensial pada sel-sel kulit. Air juga dapat menyegarkan jaringan kulit serta meningkatkan elastisitasnya sehingga hal ini dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan seperti kerutan ataupun keriput.
  2. Air merupakan pengganti yang sempurna bagi produk-produk perawatan kulit anda yang mahal. Air putih dapat menjaga agar kulit terhidrasi dengan baik serta menjadikannya berkilau dari dalam. Agar kulit anda tetap lembab dan lembut, akan lebih baik jika anda banyak-banyak mengkonsumsi air putih yang sehat seperti Kangen Water ketimbang menggunakan berbagai macam produk perawatan kulit. Untuk menjaga kelembaban kulit dari luar anda juga dapat memanfaatkan Beauty Water atau air kecantikan yang juga dapat dihasilkan dari mesin Kangen Water.
  3. Minum banyak air dapat turut membantu mengatasi permasalahan kulit seperti psoriasis dan eczema apalagi jika dibantu dengan menyemprotkan Strong Acidic Water pH 2.5. Minum banyak air putih juga dapat meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan untuk membuang toksin dari tubuh sehingga pada akhirnya hal ini akan membuat kulit anda lebih sehat dan bercahaya.
  4. Mandi di air dingin dapat melegakan saraf-saraf dan dapat mengurangi stress yang berhubungan dengan kerusakan kulit. Rendamlah tubuh anda di air dingin selama 2 hingga 3 menit untuk meremajakan kembali kulit. Terlalu lama berendam di air juga tidak bagus karena dapat menghilangkan minyak alami kulit, jadi mandilah dalam durasi yang wajar.
  5. Air dingin dapat membantu mengurangi bercak kemerahan pada kulit. Setelah membuka pori-pori kulit anda dengan jalan menyiramnya dengan air hangat, anda dapat menutup pori-pori tersebut kembali dengan menggunakan air dingin. Air dingin dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mencegah penyumbatan pada pori sehingga dapat mengurangi penampakan jerawat.
  6. Mengompres mata dengan air dingin dapat mengurangi peradangan di area bawah mata. Saat air menguap dari kulit maka permukaannya akan menjadi lebih dingin. Menyiramkan air dingin ke mata dapat juga mengurangi pembengkakan mata. 
  7. Pada zaman dahulu, orang-orang Eropa Timur biasanya akan mengunjungi tempat pemandian untuk detoksifikasi dan mengencangkan kulit. Di tempat pemandian tersebut biasanya diawali dengan berdiam di ruang sauna, setelah itu barulah mandi di air dingin untuk mengencangkan kulit. Jika anda ingin melakukan proses ini di rumah, cobalah tips berikut:
    1. Rendam kain di dalam air hangat kemudian taruh kain tersebut di wajah anda.
    2. Langkah selanjutnya adalah cucilah mukaan dengan air dingin selama sekitar 15 menit. Terapi ini dapat membantu mengencangkan kulit wajah anda.

 

Manfaat Air Bagi Rambut

manfaat air bagi rambut

8. Membilas rambut anda dengan air dingin menjadikan rambut anda lebih berkilau, apalagi jika anda menggunakan Beauty Water yang dihasilkan dari mesin Kangen Water. Suhu yang dingin mengencangkan kutikula rambut untuk membuat untaiannya lebih lembut dan memantulkan cahaya. Selain itu hal ini juga akan mencegah kotoran terakumulasi pada kulit kepala dan menjadikan rambut lebih kuat.

9. Klorin yang terkandung pada air mandi dapat membuat rambut menjadi kusut, rusak dan patah-patah disamping juga berbahaya bagi kulit. Akan lebih baik jika air di kamar mandi anda difiltrasi terlebih dahulu agar baik klorin maupun kotoran tersaring sehingga tidak merusak rambut dan kulit anda. Penggunaan filter penyaring air di kamar mandi seperti produk Anespa DX sangat disarankan bagi anda yang ingin memperoleh air mandi yang bersih dan lebih berkualitas. Jika anda mencuci rambut dengan air hasil penyaringan yang bersih maka rambut andapun akan menjadi semakin kuat dan sehat.

10. Anda boleh percaya atau tidak, air merupakan pelumas paling alami bagi rambut. Setiap helai rambut terbuat dari ikatan hidrogen yang terpisah ketika rambut dalam keadaan basah. Jika anda menyisir rambut anda ketika dalam keadaan basah maka ikatan hidrogen akan terbentuk ulang untuk memberikan style yang baru. Keunggulan lain dari air untuk rambut adalah ia tidak mengadung bahan kimia berbahaya seperti yang umumnya terdapat pada produk-produk perawatan rambut yang bersiko membuat rambut menjadi kering atau rusak.

11. Air merupakan bahan alamiah yang ajaib untuk mendukung konsumsi vitamin dan membantu dalam proses pertumbuhan rambut yang sehat dan efisien. Air mengandung seperempat atas berat setiap helai rambut oleh karenanya jika anda minimal minum air sebanyak dua liter saja maka anda turut membantu menyehatkan pertumbuhan rambut anda.

12. Rambut manusia tumbuh subur dalam lingkungan yang kaya kelembaban dan air merupakan solusi terbaik akan hal ini. Sama seperti pada kulit, rambut juga membutuhkan lubrikasi dari dalam keluar. Dehidrasi memiliki pengaruh langsung terhadap pertumbuhan air. Kurangnya kelembaban dapat mengakibatkan rambut yang kering dan pecah-pecah. Selain itu rambut juga dapat berhenti bertumbuh pada tahap genetik yang maksimal jika anda tidak cukup banyak mengkonsumsi air putih setiap harinya. Akar rambut merupakan tempat dimana air diangkut dari tubuh. Mereka menyerap air dan memberikan hidrasi ke setiap helai rambut.

13. Kulit kepala dan akar rambut memiliki ujung saraf yang peka terhadap cahaya yang dapat mentransmisikan sinyal. Air memberikan energi ke ujung saraf untuk meningkatkan vitalitas alami kulit serta akar rambut. Minum banyak air juga dapat membantu dalam mengeliminasi masalah-masalah rambut seperti ketombe serta Dermatitis Seborrhea. 

 

Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh

air di dalam tubuh manusia

Tentu saja ada banyak sekali manfaat minum air putih dalam jumlah yang mencukupi bagi kesehatan tubuh, berikut ini diantaranya:

14. Asupan air yang mencukupi membantu agar cairan tubuh tetap stabil.

Sekitar 60-75% tubuh terdiri atas air sehingga air memegang peranan yang penting untuk menjaga tubuh kita dalam keadaan yang vit. Cairan tubuh yang mengandung air ini membantu dalam proses pencernaan, sirkulasi, absorpsi, produksi air liur, transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu air juga membantu dalam menajga temparatur tubuh agar tetap normal. Konsumsi air putih akan membantu tubuh anda untuk tetap berfungsi dengan baik. 

Otak kita 90%nya terdiri atas air sementara jaringan dan otot kita 75%nya terdiri atas air. Oleh karena itu ketika tubuh kekurangan caiaran maka otak kita kana berhenti bekerja dan kita akan mulai merasakan migrain dan sakit kepala dikarenakan dehidrasi. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita setiap saat bisa membawa botol air minum sehingga kita dapat minum setiap saat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. 

Ketika kita berkeringat maka kita akan kehilangan banyak air namun hal ini bukan penyebab utamanya. Keluarnya keringat membantu tubuh kita menurunkan suhu tubuh sehingga tubuh tidak akan mengalami yang namanya overheat atau panas berlebih. Jika anda sedang beraktivitas di luaran yang membuat anda banyak mengeluarkan keringat maka pastikan anda minum air yang banyak untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Air yang paling baik dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang bukanlah teh, kopi, atau jus apalagi alkohol namun air putih. Itulah yang terbaik bagi tubuh, terlebih lagi jika air putih yang anda minum merupakan Kangen Water.

15. Menjaga Agar Otot Tetap Sehat

75% otot terdiri atas air, karena itu sangatlah penting mengasup air dalam jumlah yang mencukupi bagi otot. Dengan minum air yang banyak maka air dapat membantu otot berkontraksi secara normal serta mencegah terjadinya kejang otot. Selain itu jika otot anda dapat berfungsi efektif maka ia akan membantu anda dalam berolahraga yang pada akhirnya akan menjadikan anda semakin kuat dan sehat.

16. Menjaga Sistem Pencernaan

Air membantu dalam proses pencernaan serta membantu menajga ginjal untuk bekerja dengan normal. Jika kekuarang asupan air di dalam tubuh maka dapat menimbulkan terjadinya konstipasi. Oleh karena itu orang yang mengalami konstipasi atau sembelit seharusnya minum lebih banyak air untuk menormalkan kembali sistem pencernaanya.

17. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketika tubuh kekurangan air, ginjal tidak dapat berfungsi secara maksimal yang menyebabkannya mengalihkan beban kerjanya ke liver atau hati. Fungsi liver salah satunya adalah membakar lemak menjadi energi, namun jika liver mengambil alih fungsi ginjal, maka kinerja liver dalam mengubah lemak menjadi energi akan terhalang yang mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak di tubuh. Minumlah air putih dalam jumlah yang mencukupi untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak serta membuat tubuh anda sehat. Hal ini dapat pula disimpulkan bahwa manfaat lain dari banyak mengkonsumsi air putih ialah dapat membantu menurunkan berat badan ke arah yang ideal.

Demikianlah ada 17 manfaat minum air putih bagi kesehatan kulit, rambut dan tubuh secara menyeluruh. Sudahkah anda minum air putih hari ini? Berapa banyak? Jika anda ingin minum air putih yang bersih dan sehat cobalah mulai mengkosumsi air putih Kangen Water setiap hari sebanyak 2 hingga 3 liter dan rasakan sendiri perbedaannya bagi tubuh anda. Salam sehat Kangen Water Indonesia.

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.