1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)

Jalani Diet Alkali - Sebuah Resep Untuk Jadikan Hidup Lebih Sehat

 

Orang-orang yang rutin menjalani pola hidup sehat dengan diet alkali telah merasakan sendiri bagaimana diet ini menjadikan sistem pencernaan, kulit dan mood mereka menjadi lebih baik. Chef Natasa Corret dan nutrisionis Vicki Edgson dari perusahaan pembuat makanan alkali siap saji, Honestly Healthy, menjelaskan prinsip-prinsip diet alkali dan membagikan 3 resep lezat diet alkali untuk anda.

 

Bagaimana cara menjalani diet alkali?

  • Konsumsi makanan yang didominasi oleh makanan vegetarian dimana makanan ini cenderung bersifat alkali secara keseluruhan karena didominasi oleh sayur-sayuran serta buah-buahan.
  • Pilihlah biji gandum utuh (wholegrains) ketimbang makanan yang telah diproses dikarenakan gandum utuh bukan hanya memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak, namun ia juga mempertahankan serat-seratnya yang dapat memperlambat pelepasan glukosa sehingga membantu anda dalam menyeimbangkan kadar gula darah di sepanjang hari.
  • Beberapa jenis makanan yang terasa asam, seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk bali, meskipun rasanya asam namun ia akan berubah menjadi bersifat alkali ketika sudah dicerna di dalam tubuh dan baik untuk dikonsumsi (bisa dalam bentuk jus, smoothies atau infused water) ketika anda menjalani diet alkali. 
  • pH darah kita netral dan agak sedikit cenderung ke arah alkali pada kisaran pH 7.35 hingga 7.45. Spektrum makanan berkisar antara pH 1.0 hingga 9.0. Minuman berkafein seperti kopi serta minuman bersoda tergolong dalam jenis makanan/minuman yang bersifat sangat asam, sementara sayur-sayuran dan buah-buahan seperti kurma, buah ara, jeruk bali, lemon, jeruk nipis, adas, brokoli, artichoke, asparagus, ubi bit merah, kale, bayam, selada air dan kembang kol memiliki sifat sangat alkali. Air putih Kangen Water dengan pH 8.5-9.5 juga memiliki sifat alkali.
  • Kinerja ginjal menjadi lebih ringan ketika kita rutin mengkonsumsi makanan yang bersifat alkali sedangkan sebaliknya jika kita cenderung sering mengkonsumsi makanan yang bersifat asam seperti daging merah, daging unggas, produk-produk berbahan susu, minuman kalengan bersoda, maka kinerja ginjal akan menjadi lebih berat dikarenakan dibutuhkan bantuan mineral-mineral vital seperti kalsium dan mangnesium yang berasal dari tulang untuk mem-buffer makanan yang bersifat asam tadi.
  • Banyak makanan-makanan yang bersifat alkali sarat akan kandungan air yang diperkaya dengan vitamin dan mineral. Jadi dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bersifat alkali akan sekaligus menghidrasi tubuh anda dengan lebih baik disamping menambah cadangan mineral-mineral dan vitamin penting bagi tubuh.

 

Kenapa Diet Makanan Alkali Itu Bagus?

Berikut ini keunggulan dan manfaat yang bisa anda peroleh jika anda rutin menjalankan diet alkali:

  • Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah perut kembung.
  • Mempercantik kulit dikarenakan makanan yang bersifat alkali yang berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, mengandung minyak yang kaya akan lemak esensial yang membentuk matriks kulit.
  • Menjadikan daya ingat, fokus dan konsentrasi lebih baik dikarenakan kadar gula darah menjadi lebih teratur dalam jangka waktu yang lebih panjang.
  • Meningkatkan rasa bahagia dikarenakan biji-bijian memenuhi wilayah reseptor serotonin di usus yang pada akhirnya meningkatkan mood menjadi lebih baik.
  • Meningkatkan level energi dikarenakan kebanyakan makanan yang bersifat alkali merupakan karbohidrat yang dilepaskan perlahan-lahan serta mengandung protein nabati, yang dapat menjaga kadar gula darah lebih seimbang.
  • Mengurangi nafsu terhadap makanan yang tidak sehat seperti cemilan, gula, alkohol, kopi, minuman bersoda dan hal-hal yang tidak sehat lainnya.

 

Bagaimana Cara Membentuk Kebiasan Untuk Menjalankan Diet Alkali Ini?

Bagi anda yang gemar mengkonsumsi sayur-sayuran dan buahan ataupun jika anda seorang vegetarian, makan menjalankan diet alkali ini akan terasa mudah karena memang pola diet ini sudah otomatis anda jalankan setiap harinya, namun bagaimana jika anda adalah orang yang gemar makan daging-dagingan dan junk food? Apakah anda juga dapat menjalankan diet ini? Jawabannya, ya tentu saja semua orang bisa untuk mulai menjalankan diet alkali ini asalkan memiliki keinginan yang kuat karena pada akhirnya manfaat yang diperoleh dalam menjalankan diet alkali ini adalah bagi tubuh anda sendiri yang akan menjadi lebih sehat. Berikut 2 tips sederhana bagi anda yang butuh untuk mengalami masa transisi dari pola diet makanan yang tidak sehat dan bersifat asam menjadi diet sehat yang bersifat alkali:

  • Dimulai dengan mengurangi cemilan yang tidak sehat seperti makanan yang manis-manis, snack, minuman berkafein seperti kopi ataupun minuman bersoda dan menggantinya secara perlahan-lahan dan bertahap dengan konsumsi buah-buahan ataupun mengemil kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mede, biji labu, biji bunga matahari serta memperbanyak minum air putih yang sehat dan bersifat alkali seperti Kangen Water. Selain air putih Kangen Water dapat menjadikan tubuh anda terhidrasi dengan baik, ia juga akan membuat anda terasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk mengemil makanan yang tidak sehat.
  • Jika anda terbiasa makan daging dalam menu sehari-hari, coba kurangi porsi konsumsi daging sedikit demi sedikit secara bertahap dan memperbanyak makan sayur. Anda juga dapat memasak sayur-sayuran yang membutuhkan daging seperti sayur sop, sayur kacang panjang dengan daging cincang, dan kombinasi-kombinasi sayuran dan daging lainnya. Anda tak perlu secara total menghentikan konsumsi daging karena protein hewani tetap dibutuhkan oleh tubuh. Yang perlu anda lakukan adalah mencapai target hingga suatu saat anda dapat mengkonsumsi makanan yang bersifat alkali sebaynyak 80% (alias kaya akan sayuran) dan daging-dagingan atau telur sebanyak 20% dari total makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

 

Contoh Makanan Yang Bersifat Alkali

  • Lemon, jeruk nipis, jeruk bali dan berbagai jenis jeruk lainnya
  • Kurma, ara, aprikot
  • Tomat, apel, pear, mangga, pepaya, alpukat
  • Selada air, adas, asparagus, seledri, kembang kol
  • Bawang merah, bawang putih, jahe, akar bit
  • Kelp (alga), bayam, daun arugula (rocket), peterseli, daun ketumbar
  • Biji serta minyak dari bunga matahari, labu dan wijen
  • Kacang almond, walnut, dan pecan
  • Quinoa, millet, soba (buckwheat), oat dan beras coklat
  • Susu almond, susu beras coklat
  • Kelapa parut dan air kelapa

 

Contoh Makanan Yang Bersifat Asam

  • Daging merah (daging sapi, kambing, rusa)
  • Daging unggas (ayam, bebek)
  • Sereal sarapan olahan (rendah nutrisi dan tinggi kandungan gula dan garam)
  • Biskuit, kue, roti (tinggi kadar ragi, tepung putih, garam dan zat aditif dimana semuanya merupakan komponen pembentuk sifat asam)
  • Minuman bersoda, diet cola dan alkohol
  • Kopi, susu, teh, coklat (terutama coklat susu yang tinggi kandungan gula dan zat pada berbahan susu)

 

Contoh Menu Makanan Harian Diet Alkali

- Sarapan Pagi:

Telur orak-arik dengan selada air dan bayam Jepang dimakan bersama roti gandum panggang atau salad dengan campuran sayur-sayuran mentah dan buah-buahan yang segar

-  Makan Siang:

Nasi dari beras coklat dan sayur sop dengan daging ayam dengan tambahan masakan berbahan tahu dan tempe

- Cemilan: 

Buah-buahan segar yang mengandung banyak air dan serat seperti apel, jeruk, pear, nanas, semangka

- Makan Malam:

Nasi dari beras coklat dan sayur selada air atau hidangan berbahan sayur-sayuran yang ditumis dan daging ikan

 

Dalam menjalankan diet alkali yang baik, tunjang juga dengan konsumsi air putih bersifat alkali yang baik bagi tubuh seperti air putih Kangen Water untuk menjadikan diet alkali anda menjadi lebih sempurna.

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.