Cegah Osteoporosis Dengan Konsumsi Makanan Kaya Alkali - 5.0 out of 5 based on 1 vote
5 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)

Pola Diet Terbaik Untuk Mencegah Osteoporosis, Makanan Kaya Alkali dan Kurangi Makanan Yang Bersifat Asam

cegah osteoporosis

Penelitian menunjukkan bahwa pola diet yang rendah asam namun kaya alkali sangatlah baik dalam memerangi osteoporosis. Diet alkali ini dapat membantu mencegah ataupun memperlambat permasalahan kesehatan yang umumnya diakibatkan oleh kebiasaan atau pola makan yang tidak sehat.

Mengkonsumsi makanan yang rendah sifat asamnya, serta pola diet yang dipenuhi oleh buah-buahan dan sayuran yang kaya akan sifat alkali tinggi, konsumsi sereal gandum dalam jumlah sedang dan ditambah dengan konsumsi air yang bersifat alkali seperti Kangen Water dapat membantu melawan osteoporosis. Diet rendah asam, alkali tinggi dapat membuat tulang di tubuh kita menjadi lebih kuat.

 

Memahami Tulang Kita

struktur tulang manusia

Tulang kita sebetulnya tidak bisa dihancurkan. Tulang-tulang tersebut secara kontinyu diuraikan dan dibangun kembali, namun ketika proses penguraian melebihi proses pembangunan, maka tulang-tulang tersebut pada akhirnya berangsur-angsur menjadi lemah.  Sebagai sesuatu yang vital bagi kerangka tubuh yang solid, tulang memainkan peranan yang sama pentingnya dalam proses metabolisme, namun hal ini umumnya tersembunyi dari pengamatan biasa.

Tulang merupakan "gudang penyimpanan" bagi senyawa kalsium yang dapat mengatur keseimbangan asam basa darah, yang harus dipertahankan dalam kisaran pH yang sangat sempit. Ketika darah menjadi agak sedikit asam, maka senyawa kalsium yang bersifat alkali (seperti kalsium karbonat) yang berasal dari tulang, akan dilepaskan demi menetralisir sifat asam ini sehingga darahpun dapat kembali ke pH normalnya (yaitu 7.35-7.45). Jika pH darah tidak segera dinetralisir ke pH normalnya tentu saja dapat berakibat fatal bagi tubuh kita.

Penelitian yang dilakukan oleh Jean Mayer dari U.S.D.A. Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University, menunjukkan kemampuan buah-buahan dan sayuran yang mampu menetralisir sifat asam sehingga konsumsi makanan ini turut memegang peranan penting dalam menjaga tulang yang sehat.

Berdasarkan penelitian Carol S. Lutz, Ph.D dari Universitas North Carolina, Chapel Hill, ketika usia 20 tahun, rata-rata wanita telah mencapai puncak tertinggi dari segi kepadatan tulang, oleh karena itu sangatlah penting bagi gadis-gadis remaja untuk memperoleh kepadatan tulang semaksimal mungkin di usia ini. Seseorang yang memiliki massa tulang yang tinggi ketika masih berusia muda akan cenderung mempertahankan kepadatan tulang ini di sepanjang hidupnya kelak.

Penelitian mencatat bahwa buah-buahan dan sayuran secara dominan dimetabolismekan menjadi bikarbonat alkali, sedangkan protein dan biji-bijian sereal dimetabolismekan menjadi asam. Semakin banyak protein yang dikonsumsi seseorang melebihi kebutuhan tubuh, maka semakin bersifat asam pula darah jadinya sehingga dibutuhkan senyawa-senyawa alkali untuk menetralisir sifat asam ini.

sayur buah alkali

Dalam satu studi yang dilakukan oleh Dr. Bess Dawson-Hughes dan rekan yang dipublikasikan di bulan Januari 2009 dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, sebanyak 171 orang sehat yang terdiri dari para pria dan wanita dengan usia 50 tahun atau lebih diberikan asupan baik dengan bicarbonat ataupun tanpa bikarbonat. Orang-orang yang menerima bikarbonat, dalam jumlah yang setara dengan sembilan porsi buah dan sayur setiap hari, mengalami tingkat kehilangan kalsium yang rendah dalam urin, demikian pula dengan hilangnya N-telopeptide, yaitu penanda biokimia dari resorpsi tulang.

Rekomendasi atas 9 porsi sayur dan buahan alkali menunjukkan manfaat dalam menurunkan tekanan darah, demikian pula dihubungkan dengan berkurangnya resiko terkena serangan jantung, stroke, diaetes, beberapa jenis kanker serta penyakit Alzheimer. Saat ini pencegahan terhadap osteoporosis juga turut dimasukkan dalam daftar tersebut.

Dalam buku "Building Bone Vitality" yang ditulis oleh Amy Joy Lanou, seorang assistant professor of health and wellness di University of North Carolina, Asheville, dibantu dengan Michael Castleman, seorang penulis buku kesehatan, mengatakan demikian:

daging asam

"Makanan hewani, terutama keju-kejuan dan daging-dagingan, tidak mengandung material alkali dan cukup sulit untuk menetralisir semua sifat asam yang makanan ini sumbangkan ke dalam aliran darah; tubuh harus menarik senyawa kalsium dari tulang untuk merestorasi pH darah yang optimal". Di sisi lain, material alkali yang terkandung dalam buah dan sayuran, dapat mem-buffer sifat asam tersebut.

 

Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Protein Hewani dan Perbanyak Konsumsi Protein Yang Berasal Dari Tanaman

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa semakin banyak konsumsi buah dan sayuran sepanjang usia remaja akan meningkatkan kepadatan tulang ketika mencapai usia dewasa. Sejumlah nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, potasium, dan magnesium ditemukan dalam jumlah melimpah pada buah, sayuran dan bahan makanan yang ditanam, terbukti dapat meningkatkan kesehatan tulang.

citrus

Vitamin C terdapat dalam buah-buahan berjenis citrus seperti jeruk dan lemon, serta pada tomat dan paprika, esensial dalam membuat kolagen, yaitu jaringan ikat tempat melekatnya mineral ketika tulang terbentuk.

sayur kale

Vitamin K berfungsi dalam menstimulasi pembentukan tulang. Vitamin K ditemukan paling banyak pada sayur-sayuran berwarna hijau gelap seperti kale dan bayam, selain itu juga terdapat pada kacang-kacangan, produk yang terbuat dari kacang keedelai, dan juga terdapat pada beberapa jenis buah dan sayuran lainnya.

Fungsi potasium adalah untuk mengurangi hilangnya kalsium dari tubuh dan meningkatkan kecepatan pembentukan tulang. Jeruk, pisang, kentang dan kacang-kacangan semuanya merupakan sumber yang kaya akan potasium.

Magnesium dan kalsium merupakan mineral tulang yang vital. Asupan magnesium yang banyak dapat membantu dalam melawan osteoporosis. Makanlah kacang-kacangan dan sayur-sayuran hijau karena mereka merupakan sumber magnesium yang sangat baik.

minyak ikan kod

Vitamin D juga dibutuhkan agar tulang menjadi kuat. Contoh makanan yang tinggi kandungan vitamin D adalah minyak ikan kod, jamur shitake dan jamur kancing, ikan salmon dan ikan tuna liar, bayam dan jeruk.

Selain itu rajin berolahraga juga bagus untuk membantu agar tulang anda menjadi kuat. Untuk menguatkan tulang sebetulnya anda tidak perlu menjadi member di gym yang mahal. Yang perlu anda lakukan adalah cukup berjalan kaki, hiking, jogging, naik turun tangga, berolahraga tenis, ataupun menari. 

air kangen water

Banyak minum air putih yang mengandung mineral-mineral esensial bagi kesehatan tulang juga penting. Kangen Water merupakan air putih yang kaya mineral dan bersifat alkali sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat sehingga terhidar dari bahaya osteoporosis. Salam sehat Kangen Water Indonesia.

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.