Kangen Water di Wall Street Journal - 4.8 out of 5 based on 18 votes
4.7777777777778 1 1 1 1 1 Rating 4.78 (18 Votes)

Pembahasan Mengenai Air yang Diionisasi - Wall Street Journal

kangen water wall street journal

Situs berita terkenal dunia, Wall Street Journal, menuliskan pembahasannya mengenai hal positif dan negatif terhadap air yang diionsiasi, serta memberikan contoh salah satu mesin ionisasi air paling terkenal di seluruh dunia, yaitu Kangen Water dari Enagic. Seperti apa pembahasannya? simak terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia berikut ini:

Judul asli : The Positives and Negatives of Ionized Water

Penulis: Laura Johannes

Sumber: wsj.com

Diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh: Dikky Satia

 

Hal Positif dan Negatif dari Air yang Diionisasi

Sangatlah sulit untuk meningkatkan kadar kesehatan atau kekuatan pembersih dari air tanpa menambahkan zat kimia ataupun suplemen kedalamnya. Namun ada perusahaan yang mengklaim bahwa mereka dapat melakukannya dengan cara "mengionisasi" air.

 

kangen water wall street journal

Ada perusahaan-perusahaan yang menjual mesin pembuat air minum yang diionisasi.  Berdasarkan perkataan perusahaan-perusahaan tersebut, prosesnya juga disebut sebagai "elektrolisis", yang dicapai menggunakan elektroda yang mengandung arus listrik positif dan negatif. Dalam prosesnya, atom-atom dari air memberikan ataupun menerima elektron dari elektroda, seperti yang dikatakan melalui grafik pada website Chanson Water USA Inc. Hasilnya merupakan reaksi kimia yang menghasilkan air yang bersifat asam atau basa. Air keran umumnya memiliki pH sekitar 7, atau netral, sedangkan air alkali memiliki pH lebih dari 7, dan air asam memiliki pH kurang dari 7.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa air alkali memiliki banyak manfaat, mulai dari memberikan anda energi sampai membantu mengatasi dampak negatif dari makanan yang bersifat asam yang anda konsumsi. Beberapa ilmuwan, ada yang mengatakan bahwa tak ada studi yang cukup bagus untuk mendukung pernyataan dari perusahaan mesin ionisasi air terhadap klaim marketing mereka.

Mesin ionisasi air, telah lama dijual secara internasional, dan telah mengalami peningkatan dari segi minat masyarakat di Amerika selama beberapa tahun terakhir ini, kata Paul Undesser, direktur regulatory and technical affairs di Water Quality Association, sebuah grup perusahaan nonprofit dalam industri water-treatment.

Earth Trade Water Inc., Carlsbad, California, memposkan testimoni dari kalangan atlit profesional yang mengatakan bahwa air alkali ionisasi mereka meningkatkan performa mereka dengan jalan menyediakan hidrasi yang lebih baik serta membantu peningkatan "energi" dan "fokus."

Chanson Water USA, a Laguna Hills, California, unit of Chanson Taiwan LLC, mengatakan dalam websitenya bawah air yang diionisasi memiliki ukuran cluster molekul air yang lebih kecil dibandingkan air biasa, dan "microcluster" ini mampu untuk "menembus lebih banyak tempat-tempat di dalam tubuh."

Dalam brosur marketingnya, Enagic USA Inc, sebuah cabang di Los Angeles dari perusahaan Japan's Enagic Co., mengatakan bahwa "Kangen Water yang Sehat" - yang memiliki pH dari 8.5 sampai 9.5 - "membantu tubuh anda menyeimbangkan efek dari sifat asam" dari memakan makanan seperti daging dan telur. Tipe mesin Enagic  Leveluk SD501, dijual seharga $3,980, yang menggunakan 7 pelat elektroda.

Enagic juga mengatakan bahwa Kangen Water terasa jauh lebih baik dengan "rasa yang luarbiasa di dalam mulut." Dalam sebuah uji coba tak resmi untuk merasakan rasa air Kangen Water yan ada di sebuah spa lokal, saya merasakan air Kangen Water terasa halus dan lembut, namun memiliki rasa mineral sesudahnya, berbeda jika dibandingkan dengan air keran.

Mesin-mesin ionisasi air, secara umum berkisar dari harga $1,000 sampai $6,000, dan secara umum dihubungkan langsung ke keran air, namun beberapa model tertentu dapat dipasang di bawah sink. Air alkali, dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengatakan bahwa ia sangat ideal untuk diminum ataupun untuk memasak, keluar melalui salah satu bagian pipa dari mesin tersebut, sedangkan air asam, yang bisa dipergunakan untuk bersih-bersih, keluar melalui bagian pipa yang lain. Tingkat alkalinitas dari mesin tersebut bisa diatur. Mesin-mesin tersebut memiliki filter yang sudah tercakup di dalamnya, yang dapat memfiltrasi zat-zat berbahaya, sama seperti filter air pada umumnya.

Selain memproduksi air minum, mesin Kangen Water dari Enagic juga dapat menghasilkan 4 jenis air lainnya. Enagic merekomendasikan menggunakan "air sanitasi" yang bersifat sangat asam sebagai disinfektan sehari-hari, seperti mensterilkan talenan ataupun pisau. "Beauty water" dapat membantu menutup pori-pori muka jika anda menggunakannya, kata perusahaan tersebut. Air netral difungsikan jika anda sedang minum obat ataupun membuat susu formula bayi, dan "strong" Kangen Water, sejenis air yang bersifat sangat alkali, difungsikan sebagai "air pembersih" contohnya dalam membersihkan noda membandel pada toilet maupun lantai.

Beberapa dokter dan ilmuwan mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut tidak didukung oleh studi yang bagus dan berkualitas tinggi. "Kurangnya kesaksian dari manusia, kurangnya profil keamanan dan harganyapun sangat mahal," kata Catherine Ulbricht, co-founder of National Standard Research Collaboration, a Cambridge, Massachusetts. scientist-owned group yang mengevaluasi terapi alami.

"Tak ada basis terhadap klaim kesehatan sama sekali untuk air minum alkali," tambah John Petrini, seorang gastroenterologist dari Santa Barbara, California, yang juga merupakan mantan presiden direktur dari American Society for Gastrointestinal Endoscopy. Setelah diminum, makanan dan air yang masuk ke dalam lambung,  dan tak peduli berapapun pH asalnya, ketika meninggalkan lambung akan keluar dengan pH sekitar 6.8, kata Petrini. Dan tak peduli apapun yang anda makan, tubuh anda memiliki mekanisme yang efektif untuk menjaga agar darah anda memiliki pH yang sempit dengan kisaran 7.35 dan 7.45, tambahnya.

Ahli kima mengatakan bahwa sangatlah logis bahwa air yang bersifat sangat asam ataupun sangat alkali berguna untuk bersih-bersih, namun tak ada bukti bahwa pH air memiliki efek yang spesifik terhadap kulit dan pori-pori, kata Tina Alster, dermatologis dari Washington D.C.

Roberto Car, seorang profesor kima dan fisika ari Princeton University mengatakan bahwa proses alkalisasi yang dijelaskan oleh Chanson terdengar masuk akal secara ilmiah, meskipun ia sendiri tidak menyelidiki mesinnya. Namun klaim dari Chanson bahwa air alklai mengandung molekul microcluster yang siap diserap oleh tubuh adalah hal yang "tak masuk akal"," kata Dr. Car dan yang lainnya.

"Sampah," tambah H. Eugene Stanley, seorang a professor kimia dan fisika dari Boston University. Struktur dari air, termasuk bagaimana cluster molekulnya, belum benar-benar dipahami, kata para ilmuwan.

CEO Chanson Water, Ronnie Ruiz mengatakan bahwa sebuah tes nuclear magnetic resonance, hasilnya diposting pada website perusahaan tersebut, menunjukkan bahwa air mereka merupakan microcluster. Ia mengatakan 70% customernya memberikan feedback mengenai respon positif seperti pemulihan dalam penyakit diabetes, pemulihan dari depresi, penurunan tingkat kolesterol. Mr. Ruiz mengatakan bahwa customernya "menyukainya, menggunakannya setiap hari dan melihat nilai absolut dengan memiliki mesinnya. Ilmu pengetahuan di satu titik secara absolut memvalidasi manfaat positif dari segi kesehatannya." Banyak dari manfaat positif dikarenakan fakta bahwa air tersebut memiliki muatan negatif dan bersifat antioksidan, tambahnya.

Dokter asal Arizona, Horst Filtzer, seorang penasihat medis yang bekerja untuk Enagic dan juga mantan kepala pembedahan di Cambridge Hospita, seorang pengajar dari rumah sakit Harvard, mengatakan bahwa air alkali masuk ke saluran usus "tanpa melalui proses yang sukar" dikarenakan asam lambung tidak diproduksi untuk merespon air. Tidak terlalu baik jika kita minum air alkali saat sedang makan - seperti makan steak - yang memicu respons asam., kata Dr.Filtzer. Ia menambahkan bahwa ia merasakan air alkali Kangen Water saat diminum tidak menyebabkan perutnya terasa kembung seperti ia minum air yang berasal dari keran.

Peter L. Kopko, seorang chiropractor dan chief science adviser di Earth Trade Water, mengatakan bahwa mineral alkali dalam airnya, seperti kalsium dan potassium, meningkatkan performa atlet dikarenakan bantuannya dalam "mengcounter" pembentukan asam di dalam tubuh ketika tenaga mereka sedang digunakan. Perusahaan ini belum melakukan studi klinis pada airnya. 

 

. Klik tombol LIKE/SHARE jika anda menyukai artikel ini.

Berikan Komentar

Security code
Refresh

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.