Mari Jalani Diet Alkaline Agar Tubuh Anda Lebih Sehat - 4.6 out of 5 based on 28 votes
4.6428571428571 1 1 1 1 1 Rating 4.64 (28 Votes)

Pola Diet Alkaline, Sebuah Resep Rahasia Untuk Membersihkan dan Menyehatkan Tubuh Anda

Penjelasan mengenai APA dan BAGAIMANA cara menjalani Diet (Pola Makan) yang bersifat alkali.

 

alkaline food diet

 

Apa itu Diet Alkaline?

Diet makanan alkaline adalah suatu pola makan yang menekankan pada konsumsi makanan yang bersifat alkali seperti buah-buahan utuh, sayuran dan beberapa jenis biji-bijian, dimana semua jenis makanan tersebut memiliki tingkat kalori yang rendah. Makanan Diet Alkaline yang sehat melibatkan keseimbangan antara makanan yang bersifat asam (acidifying foods) dan makanan yang bersifat alkali (alkalizing foods).

Tubuh memiliki sejumlah sistem organ yang beradaptasi untuk dapat menetralisir dan mengeliminasi kelebihan asam, akan tetapi terdapat batasan mengenai seberapa banyak sifat asam (bahkan pada tubuh yang sehat) yang dapat ditangani oleh tubuh secara efektif. Tubuh sanggup menjaga keseimbangan asam dan basa agar organ-organ dapat berfungsi dengan baik, dan hal yang paling baik yang bisa kita lakukan adalah menjaga asupan pola makan kita agar sebagian besar bersifat alkali, serta menghindari faktor-faktor yang dapat memproduksi asam berlebih di dalam tubuh, seperti merokok, minum minuman bersoda, dan memakan makanan gorengan, berlemak atau junk food.

 

Bagaimana Kondisi Diet di Zaman Modern Ini?

Sebagian besar diet / pola makan di masa kini merupakan jenis makanan yang tidak sehat yang kebanyakan membentuk sifat asam yang tinggi di dalam tubuh, sehingga membuat mekanisme tubuh menjadi kewalahan untuk membuang kelebihan asam tersebut. Contoh yang paling sering kita lihat dimana-mana yaitu banyaknya sajian yang terbuat dari daging, produk susu, jagung, gandum, dan gula yang dimurnikan dimana kesemuanya itu merupakan makanan yang membentuk sifat asam (acidifying foods). Di lain pihak orang-orang juga sangat jarang mengkonsumsi makanan yang dapat menambahkan sifat alkali dalam tubuh seperti buah-buahan dan sayuran.

Dengan mulai menjalani diet alkaline maka kita dapat mengatasi kelebihan asam harian tubuh, membantu dalam mengurangi beban yang dilakukan oleh sistem detoksifikasi asam tubuh, seperti contohnya kinerja ginjal.

 

Bagaimana Cara Menjalani Diet Alkaline

alkaline food diet

1. Konsumsilah makanan yang berfokus pada sayur-sayuran dan buahan dikarenakan jenis makanan vegetarian ini cenderung bersifat paling alkali diantara semua jenis makanan yang ada.

2. Pilihlah biji-bijian utuh (wholegrains) ketimbang makanan yang telah diproses dikarenakan biji-bijian utuh bukan saja mengandung lebih banyak nutrisi, tetapi juga biji-bijian utuh tersebut mempertahankan seratnya, yang akan memperlambat pelepasan glukosa, sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah anda sepanjang hari.

3. Beberapa makanan tertentu yang rasanya asam di lidah, seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk bali akan berubah menjadi bersifat alkali ketika masuk dalam pencernaan. Jadi untuk kategori ini termasuk makanan yang bersifat alkali, dan baik untuk dikonsumsi.

4. Darah kita bersifat sedikit alkali, dengan pH berkisar antara 7.35 sampai 7.45, dan spektrum (jangkauan) makanan yang bersifat alkali berada pada kisaran pH 1.0 sampai pH 9.0. Kopi dan minuman bersoda seperti kola merupakan jenis makanan / minuman yang bersifat PALING asam, sementara sayuran dan buahan seperti kurma, buah ara, jeruk bali, lemon, jeruk nipis, fennel (jintan / adas manis), brokoli, artichoke, asparagus, beetroot (buah bit), kale, bayam, selada air dan kembang kol adalah jenis makanan yang bersifat SANGAT alkaline.

5. Ginjal akan bekerja lebih ringan dalam "memecah" makanan yang bersifat alkali, dimana hal ini sangat berkebalikan ketika kita mengkonsumsi makanan bersifat asam seperti daging merah, produk dari unggas, produk susu, minuman kaleng bersoda, dimana ginjal akan berusaha keras mem-buffer (menyeimbangkan) sifat asam tersebut dengan jalan mengambil cadangan mineral alkali seperti kalsium dan magnesium dari tulang.

6. Banyak makanan yang bersifat alkali telah memuat kandungan vitamin dan air mineral sehingga ia juga dapat membantu menghidrasi tubuh anda.

7. Minum minuman yang bersifat alkali yang kaya akan mineral-mineral penting bagi tubuh seperti air Kangen Water juga sangat membantu dalam memulihkan keseimbangan alkali di dalam tubuh anda.

 

Kenapa Diet Alkaline Itu Baik Bagi Tubuh Anda?

1. Membantu dalam proses pencernaan serta menghindari perut menjadi bergas ataupun kembung.

2. Menjadikan kulit lebih indah dikarenakan makanan yang bersifat alkali seperti biji-bijian dan kacang-kacangan tertentu mengandung minyak lemak esensial yang membantu meningkatkan keindahan matriks (susunan) kulit.

3. Meningkatkan kemampuan memori, fokus dan konsentrasi, dikarenakan level gula darah cenderung untuk diregulasikan (diatur) dalam jangka waktu yang lama.

4. Meningkatkan rasa bahagia, dikarenakan banyak dari biji-bijian yang memberikan rasa puas pada reseptor serotonin di dalam perut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mood / perasaan bahagia.

5. Meningkatkan level energi, dikarenakan banyak makanan yang bersifat alkali merupakan jenis slow release carbohydrates (melepaskan karbohidrat secara perlahan-lahan) dan memiliki kandungan protein vegetarian, dimana hal ini akan membantu menyeimbangkan gula darah anda menjadi lebih stabil.

6. Mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi gula, alkohol, kopi dan stimulan lainnya.

 

Bagaimana Cara Agar Diet Ini Dapat Anda Laksanakan?

alkaline food diet 3

Cara untuk menyeimbangkan konsumsi makanan yang menghasilkan sifat alkali dan makanan yang bersifat asam jika anda sendiri adalah orang yang cenderung suka makan produk daging-dagingan (yang bersifat asam) seperti ayam, ikan atau sapi, adalah mengikuti aturan 80/20. Aturan 80/20 ini adalah perbandingan makanan bersifat alkali dan makanan bersifat asam yang disarankan untuk anda konsumsi setiap harinya, seperti contohnya banyak memasukkan sayur-sayuran, dengan biji-bijian sebagai makanan dasarnya kemudian pada bagian paling atas (alias 20%-nya) barulah ditaruh protein daging-dagingan. Dengan cara ini maka diet anda sebagian besar bersifat alkali, di lain pihak ia juga tidak mengorbankan kesukaan anda dalam mengkonsumsi daging-dagingan.

 

Contoh Daftar Makanan Yang Bersifat Alkali

alkaline food

1. Lemon, jeruk nipis, jeruk bali

2. Kurma, ara dan apricot (yang dikeringkan)

3. Tomat, apel, pear, mangga, pepaya, alpukat

4. Selada air, fennel, asparagus, seledri dan kembang kol

5. Bawang putih, bawang merah, jahe (segar) dan beetroot

6. Kelp (brown algae atau ganggang coklat), bayam, sayur arugula (rocket), parsley / peterseli dan ketumbar

7. Minyak dan biji bunga matahari, labu dan biji wijen

8. Kacang almond, walnut dan pecan

9. Quinoa, millet, buckwheat, oats dan beras coklat

10. Susu almond, susu dari beras coklat

11. Ground coconut (kelapa parut) dan air kelapa

 

Berikut ini jenis makanan yang sebaiknya DIHINDARI / DIKONSUMSI dalam jumlah yang seminimal mungkin dikarenakan sifatnya yang dapat meningkatkan kadar asam dalam tubuh.

acidic food

1. Daging merah

2. Daging Unggas

3. Sereal sarapan yang diproses (dikarenakan rendah nutrisi, tinggi kadar gula dan garam)

4. Biskuit, kue dan rotii-rotian (tinggi kadar ragi-nya, tepung putih, garam, gula dan pengawet dimana semuanya merupakan komponen pembentuk sifat asam)

5. Minuman bersoda, cola, diet cola dan alkohol

6. Teh, Kopi, coklat (terutama coklat susu yang kaya akan gula dan produk susu padat)

 

Contoh pola makanan harian (diet) alkali sehari-hari

alkaline food

 

Sarapan

Telur orak arik dengan selada air atau baby spinach dan roti gandum bakar

atau

Plain greek style natural yogurt (alias Greek Yogurt, yaitu yogurt yang disaring sehingga menghasilkan tekstur kental antara yogurt dan keju) dengan kacang almond yang dikupas dan buah berry segar.

 

Makan Siang

Quinoa atau salad beras coklat dengan potongan alpukat, sayur arugula (rocket) dan dada ayam potong dadu

atau

Sandwich roti grandum dengan buffalo mozzarella (keju mozarella dari susu kerbau), tomat dan alfalfa sprouts

 

Snack

hummus

Hummus (sejenis cocolan atau selai dari Timur Tengah yang terbuat dari kacang-kacangan, minyak zaitun, bawang, dll) dengan stick sayuran

atau

Kue dari oat

 

Makan Malam

Sushi nasi coklat dengan salad rumput laut dan sup miso Jepang

atau

Risotto labu bakar (roasted butternut squash risotto) dengan keju kambing dan parsley / peterseli.

 

Demikianlah contoh-contoh cara melakukan diet alkali dengan memasukkan bahan makanan yang bersifat alkali ke dalam menu makanan sehari-hari. Jika anda juga rajin minum air alkali Kangen Water, tentu saja hal ini juga akan menambah cadangan buffer alkali dalam tubuh serta menetralisir sifat asam yang selama ini terakumulasi di dalam organ-organ tubuh akibat kebiasaan pola makan yang salah.

 

. Klik tombol LIKE/SHARE jika anda menyukai artikel ini.

Berikan Komentar

Security code
Refresh

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.