Pemilihan Air Bahan Baku Untuk Membuat Kangen Water - 3.8 out of 5 based on 9 votes
3.7777777777778 1 1 1 1 1 Rating 3.78 (9 Votes)

Bahan Baku Apa Yang Sebaiknya Digunakan Untuk Membuat Kangen Water?

air bahan baku kangen water

Ketika anda ingin membeli mesin Kangen Water maka pertanyaan paling besar akan muncul, bahan baku seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk membuat air Kangen Water? adakah persyaratan air tertentu yang harus dipenuhi agar dapat menghasilkan air alkali Kangen Water yang berkualitas baik?

Berikut ini kami akan memberikan beberapa penjelasan penting untuk menjawab pertanyaan mengenai air bahan baku tersebut.

 

bahan baku air keran

Pada dasarnya cara kerja mesin Kangen Water sangatlah sederhana, jika anda tinggal di negara-negara maju (seperti di Jepang, Jerman, Amerika, Perancis, Singapura) dimana air keran yang ada di rumah-rumah penduduk sudah boleh langsung diminum, maka anda hanya tinggal membeli 1 unit mesin Kangen Water dan untuk bahan bakunya anda bisa menggunakan air yang berasal dari keran tersebut. (Adapun petunjuk cara instalasinya sangatlah simpel dan sederhana. Saat pembelian mesin Kangen Water, di dalam box sudah disertakan DVD cara instalasi beserta perlengkapan yang dibutuhkan. Proses pemasangannya sendiri hanya berlangsung sekitar 10 menit saja dan siapa saja dapat memasangnya hanya dengan melihat petunjuk dari video DVD yang disertakan tersebut).

Sebagai informasi: Perusahaan Enagic Kangen Water adalah perusahaan Internasional yang memiliki cabang-cabang di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, jadi mesin Kangen Water yang anda gunakan di Indonesia merupakan mesin Kangen Water yang sama dengan yang digunakan oleh orang-orang Jepang, Amerika, Perancis, dll

 

Adapun kesimpulan dari hal tersebut mengenai air bahan baku yang digunakan untuk membuat mesin Kangen Water adalah:

1. Air yang sudah bersih dan siap minum

2. Mengandung mineral

3. Memiliki pH 7.0 (alias bersifat netral)

 

Ketiga syarat tersebut sudah terpenuhi jika air keran di rumah anda sudah disupport oleh pemerintah menjadi air yang boleh langsung diminum, sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan mengenai air bahan baku. Intinya anda cukup membeli 1 unit mesin Kangen Water dan tinggal menghubungkannya ke wastafel / keran air dan masalah anda beres. Mesin Kangen Water akan bekerja mengubah air keran menjadi air alkali Kangen Water yang menyehatkan.

 

Lalu Bagaimana Untuk Pemakaiannya di Indonesia? Bisakah menggunakan air PAM / PDAM sebagai air bahan baku?

Untuk di Indonesia, kita semua tahu bahwa air keran / air PAM / air PDAM di rumah kita itu TIDAK SAMA KUALITASNYA dengan air keran yang ada di luar negeri. Air keran di Indonesia tidak boleh diminum dan bisa dikatakan cukup berbahaya bagi kesehatan dikarenakan mengandung banyak klorin dan zat-zat kimia tambahan lain, serta kemungkinan mengandung logam-logam metal lain seperti arsenic, cadminum, cyanide, alumunium, dll. Selain itu kualitasnya sendiri berbeda-beda di setiap kota di Indonesia. Terkadang di suatu kota tertentu (terutama di kota besar, airnya bisa dikatakan tergolong cukup jernih) sedangkan di daerah lain (kota kecil) air PDAM tersebut terlihat keruh dan kotor. Semua tergantung dari pengelolaan PDAM pemerintah setempat. Bagaimanapun juga, sistem air PDAM di seluruh Indonesia saat ini belum secanggih di luar negeri, dan air PDAM tersebut TIDAK LAYAK untuk dikonsumsi.

air keran indonesia

Berdasarkan pertimbangan hal tersebut maka untuk penggunaan mesin Kangen Water di Indonesia SEBAIKNYA TIDAK menggunakan air bahan baku yang berasal dari air keran PAM / PDAM secara langsung.

 

Lalu air apa yang LAYAK untuk dijadikan air bahan baku untuk pemakaian mesin Kangen Water di Indonesia?

Pada tulisan sebelumnya telah dijelaskan bahwa persyaratan mengenai air bahan baku untuk mesin Kangen Water harus memenuhi 3 syarat ini yaitu:

1. Air yang sudah bersih dan siap minum

2. Mengandung mineral

3. Memiliki pH 7.0 (alias bersifat netral)

 

Untuk air yang memenuhi syarat tersebut di Indonesia bisa menggunakan air yang berasal dari air mineral kemasan (air galon) contohnya merk Aqua, Vit, Club, dll dimana air tersebut merupakan air mineral, memiliki pH 7.0 (alias bersifat netral) dan sudah pasti terjamin kebersihan serta sangat layak untuk dikonsumsi. Selain itu jika anda menggunakan air bahan baku tersebut, maka hasil OUTPUT air alkali yang dihasilkan dari mesin Kangen Water pun akan menjadi sangat luar biasa baik kualitas maupun khasiatnya akan benar-benar 100% terjamin.

aqua galon 19 liter

Adapun jika anda menggunakan air galon 19 liter, maka anda harus membeli satu alat tambahan lagi (dijual terpisah) yang fungsinya untuk menarik / menyedot air dari dalam galon masuk ke dalam mesin Kangen Water. Alat tersebut salah satunya bermerk FLOJET Bottled Water Dispenser System. Adapun Flojet ini dibeli dari pihak ketiga / dari perusahaan lain (dan bukan barang resmi dari Enagic Kangen Water Indonesia). Flojet ini hanya sebagai alat bantu untuk mengatasi problem cara menyedot air dari galon 19 liter masuk ke mesin Kangen Water.

flojet kangen water

Kami sendiri hanya akan menjual Flojet JIKA DISERTAI pembelian mesin Kangen Water secara LANGSUNG melalui kami melalui, dan kami TIDAK MENJUAL FLOJET SECARA TERPISAH.

 

Keuntungan apa yang saya dapatkan jika air yang saya gunakan merupakan air yang sudah benar-benar bersih dan layak minum untuk digunakan sebagai air bahan baku Kangen Water?

Seperti yang kami katakan sebelumnya, jika bahan baku yang anda gunakan merupakan air mineral pH 7.0 yang benar-benar bersih dan layak minum, maka saat anda mengubahnya menjadi Kangen Water, maka air Kangen Water tersebut memiliki khasiat tertinggi 100%jika ditest menggunakan pH tester pun warna pH akan menunjukkan warna sesuai tingkat pH yang seharusnya, serta airnya akan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi (hingga lebih dari -500mV), dan selain itu anda maupun keluarga anda dapat minum air Kangen Water tersebut tanpa rasa khawatir apakah airnya mengandung zat-zat berbahaya atau tidak, karena asal air bahan baku tersebut telah anda ketahui dengan jelas yaitu air yang sudah bersih dan layak minum.

Foto di bawah ini adalah hasil uji coba ketika menggunakan air bahan baku dari mineral galon 19 liter (pada sampel ini kami menggunakan merk AQUA. Catatan: andapun bisa menggunakan merk lain selain Aqua). Setelah air OUTPUT Kangen Waternya ditest menggunakan pH tester, maka terlihat warna-warni air tersebut SESUAI dengan tingkat pH yang seharusnya.

test air bahan baku aqua kangen water

 

Saya masih belum paham kenapa kita harus menggunakan air bahan baku yang sudah bersih? Bukankah saya dengar di mesin Kangen Water sendiri telah terpasang INNER FILTER (filter bagian dalam mesin) yang memiliki kualitas High Grade, yang juga mampu menyaring kotoran dari air bahan baku jikapun seandainya air yang saya gunakan kotor?

inner filter high grade kangen water

Memang benar di bagian dalam mesin Kangen Water terdapat filter yang berkualitas HIGH GRADE, yang mampu menyaring kotoran, zat-zat berbahaya, klorin, dll. Namun filter ini juga memiliki BATAS dan KAPASITAS. Jika anda terus menerus menggunakan air bahan baku yang kotor, maka kotoran akan cepat sekali menumpuk di dalam INNER FILTER mesin Kangen Water dan tentu saja hal ini akan berakibat merugikan dan MEMBERATKAN KINERJA inner filter maupun mesin Kangen Water itu sendiri, serta OUTPUT (hasil) air alkali Kangen Water yang dihasilkan pun TIDAK AKAN MAKSIMAL seperti yang seharusnya akibat bahan baku air yang kotor tersebut. Coba bandingkan dengan kinerja AC atau Kipas Angin, jika ditaruh di ruangan yang berdebu atau jika ditaruh di ruangan yang bersih, mana yang bakalan bagus dan menghasilkan angin yang segar dan baik? mana yang akan menghasilkan angin yang lebih dingin? mana yang akan lebih tahan lama? yang mana pula AC yang akan memiliki kinerja buruk dengan suhu udara yang tidak menjadi dingin meski AC tersebut telah disetel pada suhu yang rendah? setujukah anda jika kita katakan bahwa debu di dalam ruangan lama-lama akan menempel di bagian dalam filter AC dan akibatnya ia akan mempengaruhi kinerja dan efektifitas AC di rumah anda?

 

Jadi kesimpulannya dalam hal ini meski mesin Kangen Water sendiri telah dilengkapi INNER FILTER berkualitas HIGH GRADE, namun fakta yang perlu anda ketahui adalah:

1. Mesin Kangen Water BUKAN ditujukan sebagai mesin penyaring air / filter air, melainkan mesin yang mampu mengubah air biasa menjadi air alkali yang sehat.

2. Penggunaan air bahan baku yang bersih menjadikan hasil air Kangen Water pun turut terjamin kebersihannya 100% serta khasiat yang 100% pula. Sebaliknya penggunaan air bahan baku yang kotor akan berakibat kinerja mesin menjadi berat, kinerja filter menjadi berat, dan hasil output Kangen Water pun menjadi tidak maksimal. Ilustrasi lain yang bisa kita gunakan contohnya adalah ketika sedang membuat kue. Jika anda membuat kue menggunakan bahan baku telur, tepung, mentega, dll yang BERKUALITAS BAIK, dan ketika kue tersebut dipanggang di dalam OVEN, maka ketika sudah jadi, hasil kue tersebut akan ENAK. Lalu apa jadinya jika anda menggunakan bahan baku untuk kue tersebut dari telur, tepung, mentega yang semuanya BERKUALITAS RENDAH? apakah hasil kuenya akan menjadi enak setelah dipanggang di oven? tentu tidak bukan? dalam hal ini Oven tersebut adalah Mesin Kangen Waternya. Tugasnya hanya mengubah dari air bahan baku menjadi air alkali Kangen Water. Kualitas hasil akhirnya akan selalu berbeda-beda TERGANTUNG kualitas BAHAN BAKU AWAL yang anda gunakan.

3. Pada akhirnya air yang anda gunakan adalah air yang akan anda maupun keluarga anda minum. Tidakkah tubuh anda dan keluarga LAYAK untuk mendapatkan asupan air yang terbaik, menyehatkan dan terjamin kebersihannya?

minum air bersama

 

Kalau air tanah / air sumur bisakah digunakan sebagai air bahan baku Kangen Water?

Tergantung, jika air tanah / air sumur anda tergolong bersih, memiliki pH 7.0 (jika ditest menggunakan pH tester warnanya akan menjadi hijau) maka boleh digunakan sebagai air bahan baku untuk Kangen Water, dan sebaiknya harus digunakan tambahan PREFILTER (KDF, Ion, Antibakteri) lagi, dikarenakan pada dasarnya air yang ada di dalam tanah mengandung banyak material-material organik, sehingga tidak bisa dikatakan benar-benar bersih (keterangan mengenai PREFILTER akan kami jelaskan nanti).

Untuk kasus air tanah / air sumur tersebut, kami pernah menemui 2 kasus kualitas air tanah yang berbeda dari 2 klien yang berbeda.

1. Di salah satu perumahan di daerah Jakarta, kami pernah menginstalasi mesin Kangen Water (beserta tambahan PREFILTER) dengan air bahan baku yang digunakan oleh klien kami berasal dari air keran di rumahnya yang terhubung ke air tanah / air sumur. Ketika kami mencoba menghasilkan pH 9.5 dari mesin Kangen Water, seharusnya ketika di test dengan pH tester hasil airnya menjadi berwarna UNGU yang menunjukkan pH-nya 9.5, namun saat kami meneteskan pH tester, airnya bukan berubah menjadi warna ungu, melainkan hijau (warna hijau menunjukkan air tersebut menjadi pH 7.0). Kenapa bisa begitu? kenapa outputnya tidak sesuai dengan yang seharusnya? ternyata setelah kami coba test pH air bahan bakunya sendiri (sebelum masuk ke mesin Kangen Water), air tanah milik klien kami di Jakarta tersebut berwarna kuning. Hal ini membuktikan pada dasarnya air sumur mereka tersebut bersifat asam, warna kuning menunjukkan pH air tanah mereka berada pada kisaran pH 5.0 sampai pH 6.0. Hal ini tentu saja di bawah standar yang seharusnya. Jadi ketika mesin Kangen Water memproses air tersebut dan mencoba menaikkan pH nya menjadi pH 9.5, berhubung pH air bahan baku awalnya tidak tepat, maka kinerja paling maksimal mesin Kangen Water saat ditekan tombol pH 9.5 hanya bisa mengubah air tersebut menjadi ke kisaran pH 7.0 (jika ditest dengan pH tester berwarna hijau) atau pH 8.0 (jika ditest dengan pH tester berwarna agak biru) dan BUKANNYA UNGU. Demikian juga jika anda menekan tombol pH 8.5 atau pH 9.0, hasil test warna pH tidak akan sesuai dengan warna yang seharusnya, karena penyebab utamanya adalah air bahan baku tersebut pH-nya kurang dari 7.0 (alias di bawah standar).

Maka dari laporan di atas, bisa dikatakan hasil output Kangen Water klien kami di Jakarta tidak terlalu maksimal, dan kami pun menyarankan jika ingin hasilnya benar-benar maksimal, maka bisa mengganti air bahan baku tersebut dengan menggunakan air minum galon mineral 19 liter dengan tambahan penggunaan FLOJET. Mengenai keputusan akhir apakah klien mau tetap menggunakan air sumur tersebut atau mau mengganti air bahan bakunya dengan air mineral, kami serahkan keputusannya pada klien kami. Yang jelas dapat dibuktikan sendiri bahwa mesin Kangen Water hanya akan memproses air berdasarkan kualitas air bahan baku awal yang digunakan. Jika anda ingin kualitas air alkali Kangen Water yang super bagus, maka air bahan baku awalnya juga haruslah memenuhi 3 syarat utama tersebut (Air bersih siap minum; Mengandung mineral; dan memiliki pH 7.0).

 

2. Klien kami yang kedua yang membeli mesin Kangen Water melalui kami tinggal di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Ketika mau membeli mesin Kangen Water melalui kami mereka mengatakan akan menggunakan air sumur / air tanah sebagai air bahan baku untuk mesin Kangen Water mereka. Dan menurut pengakuan mereka, lokasi tempat tinggal mereka sangatlah bersih, asri dan masih alami. Air sumur yang biasa mereka gunakan sehari-hari juga pernah mereka test di lab, dan hasilnya sangat-sangat bagus, bahkan mereka mengatakan kualitas air sumur mereka kurang lebih hampir setara dengan kualitas air aqua.

Setelah mereka datang langsung ke Jakarta untuk membeli mesin Kangen Water sekalian membawa sampel air dari air sumur mereka, ketika di test menggunakan pH tester ternyata benar seperti yang mereka katakan. Air tersebut memiliki pH 7.0 alias netral (saat di test dengan pH tester, air tersebut menghasilkan warna hijau), dan memang terbukti air sumur klien kami dari Banjarnegara tersebut sangatlah bagus sekali, airnyapun bersih dan jernih. (Sebagai informasi, kebanyakan air sumur/air tanah yang ada di kota-kota besar, sangat jarang ada yang memiliki pH 7.0, rata-rata air sumur / air tanah di kota-kota besar cenderung bersifat asam, dengan kandungan material inorganik maupun logam-logam metal yang tinggi, hal ini dikarenakan tingkat pencemaran di kota besar jauh lebih tinggi dibandingkan di kota-kota kecil. Polusi di permukaan tanah akan menyerap masuk ke dalam tanah, sehingga mempengaruhi kandungan air tanah, hal ini telah terbukti beberapa kali saat mengetest air sumur / air tanah yang ada di kota besar, rata-rata airnya bersifat asam dan tidak memenuhi syarat).

Jadi untuk klien kami yang dari Banjarnegara tersebut bisa menggunakan air sumur / air tanah mereka karena telah memenuhi syarat. Dan untuk sebagai tambahan keamanan, kami TETAP menyarankan mereka untuk memasang tambahan PREFILTER, jadi sebelum air bahan baku tersebut masuk ke mesin Kangen Water, akan melalui proses penyaringan terlebih dahulu agar air yang masuk benar-benar bebas dari material inorganik, bakteri ataupun logam-logam di dalam tanah yang tak kasat mata.

 

Prefilter seperti apa yang digunakan agar air bahan baku saya yang berasal dari air sumur dapat disaring menjadi bersih dahulu sebelum masuk ke mesin Kangen Water?

Jika air bahan baku yang anda gunakan merupakan air tanah / air sumur, maka kami sarankan bagi anda untuk memasang tambahan PREFILTER (bentuknya seperti gulungan kapas) untuk menyaring zat-zat inorganik, logam atau metal berbahaya dan kuman-kuman bakteri, sehingga air bahan baku anda akan disaring menjadi bersih terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam mesin, dan nantinya ketika masuk ke dalam mesin pun, akan kembali disaring sekali lagi di INNER FILTER HIGH GRADE di dalam mesin Kangen Water.

prefilter kangen water kdf ion antibakteri

Terdapat 3 jenis prefilter tambahan resmi dari Enagic (yang dijual terpisah) dengan fungsinya masing-masing, ketiga jenis PREFILTER tambahan tersebut adalah:

1. Prefilter KDF

Harga Rp 350.000* (belum termasuk PPn)

KDF adalah singkatan dari Kinetic Degradation Fluxion Media. Filter ini terdiri dari campuran murni antara copper (tembaga) dan zinc (seng).

Filter KDF berfungsi untuk membunuh jamur dan alga, mengontrol pertumbuhan bakteri, menghilangkan klorin, pestisida dan zat organik, karat, bau dan rasa yang tak enak, hidrogen sulfida, besi, arang, nikel, kromium, kadmium, kalsium, aluminium, merkuri, arsenik dan campuran organik lainnya.

 

2. Prefilter Antibakteri

Harga Rp 450.000* (belum termasuk PPn)

Ini merupakan Filter karbon antibakteri yang terdiri atas perak yang mengandung karbon aktif sehingga membuat perak tersebut dapat larut dalam air secara perlahan-lahan. Ion silver berfungsi untuk membunuh sel membran atau enzim aktif dari protoplasma sehingga bisa membunuh bakteri di dalam air.

 

3. Prefilter ION

Harga Rp 350.000* (belum termasuk PPn)

Air sadah adalah air yang mengandung terlalu banyak mineral. Fungsi Prefilter Ion ialah mengurangi tingkat kesadahan air (Hard Water) dan menjadikannya lebih lunak (Soft Water).

Filter ini terutama digunakan di daerah dimana air disana memiliki kesadahan yang sangat tinggi (hard water). Jika total kesadahan airnya lebih dari 100 ppm, maka prefilter ion baik untuk digunakan karena bisa menjaga ketahanan pelat elektroda mesin kangen water.

 

Prefilter yang WAJIB anda pasang jika menggunakan air sumur / air tanah yaitu PREFILTER No.1 dan No.2 yaitu KDF dan Antibakteri, sedangkan Prefilter nomor. 3 yaitu ION, boleh dipasang, boleh juga tidak. Fungsi ION adalah untuk "melembutkan" air sumur anda jika kandungan mineral air sumur anda teramat sangat tinggi, hal ini agar tidak menganggu kinerja PELAT ELEKTRODA (alias inti mesin) pada mesin Kangen Water anda kedepannya. Berhubung tingkat kandungan mineral pada air sumur / air tanah semua orang berbeda-beda tergantung lokasi tempat tinggal masing-masing, maka tidak dapat dipastikan apakah anda wajib memasangnya atau tidak. Untuk mengecek apakah tingkat kesadahan air sumur anda kurang ataupun lebih dari 100 ppm, harus dilakukan cek air di laboratorium oleh anda sendiri (misal di lab SUCOFINDO).

Berikut ini contoh jika air bahan baku berasal dari air sumur yang mengalir ke keran air, maka sebelum masuk ke mesin Kangen Water harus melewati tabung PREFILTER terlebih dahulu agar airnya tersaring dan menjadi lebih bersih.

prefilter kangen water

 

Wah mahal sekali harga PREFILTER ORIGINAL dari Enagic, apakah saya boleh mencari dan membeli prefilter dari toko lain yang menjualnya dengan harga yang lebih murah?

Keputusan tentang pembelian kapas PREFILTER, baik apakah anda mau membeli kapas Prefilter ORIGINAL langsung dari Enagic, atau mau mencari kapas PREFILTER merk lain dengan harga yang lebih murah, silakan anda tentukan sendiri. Disini kami hanya menyarankan penggunaan barang-barang yang berkualitas TERBAIK dan ORIGINAL dari Enagic karena pada intinya air alkali yang diproduksi oleh mesin Kangen Water adalah air yang akan ANDA dan KELUARGA MINUM SETIAP HARI. Penggunaan barang-barang ORIGINAL selain sudah terstandarisasi dan terjamin kualitasnya, juga akan turut berpengaruh pada kesehatan anda beserta keluarga anda.

Sebagai informasi, terdapat PREFILTER NON ORIGINAL yang dijual di pasar-pasar (biasanya di toko-toko yang menjual aksesoris peralatan plumbing atau pompa air) yang juga menjual Prefilter. Harganya bisa dikatakan sangat murah dengan harga KURANG DARI 50 ribu (bahkan ada yang menjual kapas PREFILTER seharga hanya Rp 12.500 per buah) untuk ukuran beberapa mikron. Kalau dibandingkan dengan produk original dari Enagic Kangen Water, tentu harganya berkali-kali lipat jauh lebih murah dan dapat menghemat banyak sekali uang anda.

Jika yang anda pentingkan adalah harga murah, maka anda bisa membeli produk NON-ORIGINAL, namun jika anda mementingkan jaminan kualitas, produk yang aman, sudah terstandarisasi, sudah teruji dari Perusahaan Enagic Kangen Water di Jepang, maka kami menyarankan untuk selalu membeli barang-barang ORIGINAL secara langsung. Sekali lagi harap diingat bahwa Kangen Water adalah air yang akan anda MINUM dan yang akan MASUK KE TUBUH anda dan keluarga anda.

 

Saya sudah menginstalasi sistem air R.O (Reverse Osmosis) di rumah saya, bolehkah saya menggunakan air RO tersebut sebagai air bahan baku untuk memproduksi Kangen Water?

Proses elektrolisis pada mesin Kangen Water membutuhkan air bahan baku yang memiliki kandungan ion-ion mineral, sedangkan air RO sendiri merupakan air yang telah DILENYAPKAN semua kandungan mineralnya sehingga ia TIDAK MEMILIKI KANDUNGAN MINERAL SAMA SEKALI. Karena itu AIR RO TIDAK BISA DIGUNAKAN sebagai air bahan baku untuk membuat Kangen Water. Selain itu jika anda mengetest tingkat pH pada air RO, maka akan menunjukkan air RO tersebut bersifat asam (alias memiliki pH KURANG dari 7.0, biasanya air RO berkisar pada pH 5.0 - 6.0)

Ingat seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai persyaratan air bahan baku untuk Kangen Water adalah sbb:

1. Air yang sudah bersih dan siap minum

2. Mengandung mineral

3. Memiliki pH 7.0 (alias bersifat netral)

Air RO sendiri tidak memenuhi persyaratan nomor 2 dan 3.

 

Bisakakah saya menggunakan air bahan baku yang berasal dari air distilasi / air suling?

Pada intinya, sifat air distilasi / air suling bisa dikatakan sama dengan air RO yaitu air distilasi TIDAK MENGANDUNG MINERAL SAMA SEKALI, oleh karena itu air distilasi TIDAK BISA digunakan sebagai air bahan baku untuk membuat air alkali Kangen Water. Contoh air distilasi di pasaran adalah air merk AMIDIS. Pada tulisan yang tercetak di botol atau galon AMIDIS terdapat tulisan "Air Distilasi / 100% distilled water", jadi untuk air jenis ini tidak bisa digunakan sebagai air bahan baku untuk membuat Kangen Water.

 

Jadi untuk bahan baku Kangen Water dari air mineral galon 19 liter yang bagus yang tersedia di pasaran MERK apa yang sebaiknya saya beli?

Kami tidak memaksakan merk tertentu, namun air galon mineral 19 liter yang telah pernah kami uji coba dan memenuhi syarat untuk dijadikan bahan baku untuk membuat Kangen Water contohnya Aqua, VIT, Club, dan sejenisnya. Masih banyak merk lain yang ada di pasaran. Intinya jika ia memenuhi KETIGA SYARAT UTAMA ini, maka anda bisa memakainya sebagai air bahan baku untuk membuat Kangen Water:

1. Air yang sudah bersih dan siap minum

2. Mengandung mineral

3. Memiliki pH 7.0 (alias bersifat netral)

 

Bolehkah saya menggunakan air bahan baku isi ulang yang ada di dekat rumah saya?

Jika ia memenuhi ketiga syarat utama seperti di atas maka boleh saja digunakan sebagai air bahan baku untuk Kangen Water.

 

Bolehkah saya menggunakan air yang berasal dari mata air gunung?

Ya, boleh. Air gunung sendiri merupakan air yang mengandung mineral. Sebagai informasi, air Aqua, Vit dan merk lainnya juga merupakan air yang diambil dari mata air di gunung. Saat anda mengetestnya menggunakan pH tester pun, jika memang itu benar air dari mata air alami di gunung, maka hasilnya akan berwarna hijau yang menunjukkan air tersebut memiliki kandungan mineral dengan pH 7.0 alias netral.

 

Bolehkah saya menggunakan air keran PAM / PDAM sebagai air bahan baku untuk mesin Kangen Water saya, tapi tentu saja saya akan pasang PREFILTER ORIGINAL dari Enagic terlebih dahulu. Apakah bakal aman?

Pada penjelasan kami sebelumnya sebenarnya kami tidak menyarankan penggunaan air keran dari PAM / PDAM di Indonesia dikarenakan kandungan zat-zat kimia, klorin dll yang berbahaya bagi kesehatan. Meskipun anda memasang prefilter ORIGINAL pun, kami masih tidak menyarankannya.

hiromi shinya miracle of enzyme

Jika anda pernah membaca buku Dr. Hiromi Shinya berjudul "The Miracle of Enzyme" (tersedia di toko buku Gramedia), pada halaman 192 beliau menuliskan seperti ini:

Saat mengatakan "air yang baik", saya tidak yakin ada yang berpendapat air keran / air ledeng masuk ke dalam definisi ini. Selain mengandung klorin, yang digunakan sebagai disinfektan, air ledeng juga mengandung dioksin dan karsinogen (zat yang dapat menyebabkan kanker), seperti trikloroetilena dan trifenilmetana. Air ledeng memenuhi tingkat keamanan tertentu akan zat-zat tersebut, tetapi masih tetap mengandung racun.

 

Sebagai catatan, "AIR KERAN" yang dimaksud dr. Hiromi Shinya adalah air keran yang terdapat di negara maju (seperti di Amerika dan Jepang) dimana air kerannya dikatakan oleh pemerintah boleh langsung diminum, namun dr. Hiromi Shinya sendiri TIDAK MENYARANKAN untuk minum air keran tsb. Nah sekarang bagaimana untuk kondisi di Indonesia? sudah jelas bahwa air keran / air PDAM di Indonesia kualitasnya sangat jauh di bawah standar dibandingkan air keran di negara-negara maju tersebut. Jika air keran di negara maju saja tidak disarankan untuk diminum, terlebih lagi untuk air keran PDAM di Indonesia bukan?

Jika anda tetap memaksa untuk menggunakan air keran PDAM di rumah anda, maka kami menyarankan agar setelah proses instalasi mesin Kangen Water yang dihubungkan ke keran air di rumah anda selesai, anda mengambil sampel OUTPUT hasil air Kangen Water dengan air bahan baku dari PDAM tsb, dan mengirimkannya ke lab air (contoh ke SUCOFINDO) untuk diteliti apakah air tsb layak minum atau tidak. Dengan adanya laporan analisis dari lab SUCOFINDO, maka ada bukti tertulis yang bisa anda jadikan patokan. Jika hasil lab mengatakan layak minum, silakan lanjutkan, jika hasil lab mengatakan tidak layak minum, sebaiknya anda menggunakan solusi air bahan baku yang telah kami sebutkan di atas.

(Catatan: Air PDAM di suatu daerah / wilayah yang satu berbeda dengan daerah yang lain, tergantung bagaimana pemerintah lokal mengelola air PDAM tsb, jadi hasil bisa berbeda-beda tergantung lokasi).

 

Jika di rumah saya sudah dipasang FILTER air (bukan RO) tapi yang jelas telah dipasang filter air tertentu untuk membersihkan dan menyaring air yang masuk ke rumah saya, apakah saya bisa menggunakannya sebagai air bahan baku untuk Kangen Water?

Selalu ingat 3 syarat utama untuk bahan baku Kangen Water:

1. Air yang sudah bersih dan siap minum

2. Mengandung mineral

3. Memiliki pH 7.0 (alias bersifat netral)

Jika ingin lebih pastinya, anda bisa mengirimkan contoh lab air di rumah anda ke SUCOFINDO untuk diujicoba apakah layak dijadikan air minum atau tidak, karena pihak lab SUCOFINDO akan mengujicoba suatu sampel air dan memeriksa beberapa parameter tertentu apakah masih dalam ambang batas tertentu (treshold) yang diijinkan sebagai air minum atau tidak. Beberapa sampel parameter ujicobanya misalnya:

Microbiological, Inorganic Chemical, Arsenic, Fluoride, Chromium, Cadmium, Cyanide, Selenium, Odour, Colour, Taste, Alumunium, iron, Chloride, Manganese, Zinc, Sulfate, Copper, Ammonia, dll.

Jika hasil lab mengatakan cukup layak maupun bersih, maka silakan jika anda ingin menjadikannya air bahan baku untuk mesin Kangen Water anda.

Berikut ini kami berikan contoh penggunaan mesin Kangen Water di kantor pusat Enagic Indonesia Jakarta, dengan air bahan baku yang berasal dari gedung perkantoran (yang memang dari pihak pengelola sudah dilakukan filtrasi sebelum air tersebut dialirkan ke unit-unit kantor). Adapun pemasangan unit mesin Kangen Water tetap ditambahkan PREFILTER lagi (KDF dan Antibakteri) sebelum air keran tersebut masuk ke mesin Kangen Water agar hasilnya benar-benar terjamin dan aman, selanjutnya sampel hasil OUTPUT dari mesin Kangen Water dikirimkan ke lab air SUCOFINDO untuk ditest apakah air tersebut layak minum atau tidak, dan hasilnya air dari kantor Enagic Kangen Water Indonesia LAYAK minum, hasil lab terlampir seperti pada foto di bawah ini:

kantor enagic indonesia jakarta

sucofindo kangen water enagic

 

Jika saya membeli mesin Kangen Water melalui website ini, apakah saya harus membeli sendiri atau mencari sendiri perlengkapan-perlengkapan tambahan seperti yang disebutkan di atas?

Tidak perlu. Kami sudah menyediakan SEMUA perlengkapan yang anda butuhkan. Anda hanya perlu menentukan apakah anda ingin membeli:

1. Mesin Kangen Water + FLOJET (jika air bahan baku yang akan anda gunakan berasal dari air mineral galon 19 liter), atau

2. Mesin Kangen Water + PREFILTER (jika air bahan baku yang akan anda gunakan merupakan air sumur / air tanah yang tergolong bersih)

Dengan demikian nanti anda tidak perlu repot-repot, cukup bayar sesuai harga barang-barang yang anda perlukan dan ingin anda beli saja. Nantinya dalam sekejap setelah proses instalasi selesai (kami akan membantu anda untuk proses instalasi ini) anda bersama keluarga dapat segera menikmati air Kangen Water yang menyehatkan.

 

Bisakah diberikan kesimpulan akhir mengenai bahan baku TERBAIK untuk membuat Kangen Water?

Kami akan menuliskan kesimpulan dengan urutan berdasarkan air bahan baku TERBAIK sampai air bahan baku kurang baik untuk Kangen Water.

1. Air Mineral Galon (misal Aqua, Vit, Club dan sejenisnya)

Ini merupakan air bahan baku paling baik dan paling layak digunakan untuk mesin Kangen Water anda. Dengan menggunakan air bahan baku ini, maka anda tidak perlu khawatir tentang tingkat kebersihannya karena sudah pasti terjamin bersih (terutama yang memang sudah punya nama di pasaran, karena pabriknya sudah pasti selalu menjaga mutu air yang mereka jual). Penggunaan air bahan baku yang sudah bersih inipun tentu akan membuat kinerja mesin Kangen Water anda menjadi ringan dikarenakan ia tidak perlu "susah payah" menyaring kotoran. Selain itu hasil OUTPUT air alkali Kangen Water yang dihasilkan pun bisa dikatakan sempurna 100%, sesuai dengan yang seharusnya.

Untuk penggunaan air dari galon ini maka anda harus membeli alat tambahan yaitu FLOJET agar bisa menyedot air dari dalam galon tersebut masuk ke dalam mesin Kangen Water anda. (Catatan: Kami menyediakan FLOJET yang telah dilengkapi dengan keran berukuran 1/4" yang spesial digunakan untuk mesin Kangen Water. FLOJET hanya tersedia jika anda membeli mesin Kangen Water LANGSUNG melalui kami (stoknya terbatas). Kami tidak menjual FLOJET jika anda membeli mesin Kangen Water dari orang lain). Hubungi Sdr. Dikky Satia (HP: 0878.8739.0449) jika anda ingin membeli MESIN KANGEN WATER sekaligus FLOJET.

 

2. Air Sumur / Air Tanah jika lokasi tempat tinggal anda masih asri

Untuk air sumur / air tanah yang kami sarankan hanya jika air tersebut jauh dari pencemaran lingkungan dan limbah industri (biasanya air yang bersih ini hanya terdapat di kota-kota / kabupaten kecil, sedangkan untuk daerah perkotaan, air tanahnya biasanya cenderung sudah tercemar, bersifat asam, banyak mengandung material maupun logam berbahaya, dan tidak layak digunakan sebagai air bahan baku untuk Kangen Water). Jika anda menggunakan air bahan baku yang berasal dari air sumur / air tanah ini, maka wajib memasang tambahan PREFILTER agar air bahan bakunya disaring terlebih dahulu sehingga menjadi lebih aman sebelum masuk ke mesin Kangen Water.

 

3. Air isi ulang

Jika air isi ulang tersebut diambil dari air gunung, maka ia juga layak untuk dijadikan sebagai air bahan baku Kangen Water. Jika air isi ulang yang dijual di sekitar rumah anda, pastikan ia bukan berjenis air RO, dan juga pastikan bahwa air tersebut memang layak untuk dikonsumsi (alias sudah diuji di lab bahwa penjualan air isi ulang tsb memang memenuhi syarat).

 

4. Air PAM / PDAM

Air ini ada di urutan paling bawah. Pastikan anda memasang tambahan PREFILTER jika anda tetap ingin menggunakan air PDAM sebagai sumber air bahan baku untuk mesin Kangen Water anda.

 

Catatan Akhir:

1. Jika saat ini anda memutuskan untuk membeli mesin Kangen Water dan menggunakan air bahan baku yang berasal dari air sumur, lalu dikemudian hari anda berubah pikiran dan ingin mencoba menggunakan air dari galon mineral 19 liter. Maka solusinya gampang, anda hanya perlu membeli FLOJET saja, seketika anda dapat merubah air bahan baku anda. Demikian juga jika prosesnya sebaliknya, karena pada intinya alat tambahan seperti FLOJET maupun PREFILTER bisa dibeli menyusul kemudian.

2. Mesin Kangen Water merupakan mesin ionisasi air TERBAIK di dunia (Perusahaan Enagic Kangen Water ada di puluhan negara di dunia). Jika anda membeli mesin Kangen Water maka jika diibaratkan dalam dunia permobilan Mesin Kangen Water merupakan SUPERCAR seperti LAMBORGHINI atau FERRARI, dengan kualitas mesin NOMOR SATU di dunia. Nah sekarang setelah anda memiliki mesin ionisasi air nomor 1 di dunia, masa anda menggunakan air bahan baku yang tidak memenuhi syarat? hal tersebut sama halnya jika anda membeli LAMBORGHINI kemudian mengisi bahan bakarnya dengan MINYAK TANAH, apakah LAMBORGHINI tsb dapat bekerja maksimal? Tentu saja tidak bukan? Maka dari itu semakin bagus air bahan baku yang anda gunakan untuk mesin Kangen Water anda, maka semakin bagus dan semakin berkualitas pula air alkali Kangen Water yang dihasilkan untuk dapat anda konsumsi bersama keluarga anda.

3. Pada intinya mesin Kangen Water BUKAN ditujukan sebagai mesin penyaring air, namun fungsinya untuk MENGUPGRADE atau MENINGKATKAN MUTU dan kualitas dari air bahan baku anda. Mesin Kangen Water mampu mengubah air BIASA menjadi air LUAR BIASA yaitu air yang memiliki tingkat pH yang tinggi, kaya akan antioksidan, dan memiliki citarasa yang enak dan berperan dalam pemulihan kesehatan tubuh. Jadi sekali lagi kami tekankan bahwa Mesin Kangen Water hanya berfungsi mengubah air BAHAN DASAR yang anda sediakan. Jika air bahan baku yang anda sediakan sudah bagus, maka hasilnya akan menjadi luar biasa. Jika air bahan baku yang anda sediakan mutunya jelek, maka mesin Kangen Water akan mengubahnya menjadi air yang normal-normal saja (sehingga andapun tak dapat merasakan KEDAHSYATAN sesungguhnya dari mesin ini).

4. Jika anda ingin mengetahui secara lebih mendalam kenapa kami tidak menyarankan pada anda untuk menggunakan air PDAM di Indonesia sebagai air bahan baku mesin Kangen Water anda, maka anda dapat membaca artikel lengkap yang ditulis oleh dr. Hiromi Shinya dalam bukunya yang berjudul The Miracle of Enzyme dengan judul artikel "PENTINGNYA MINUM AIR YANG BAIK"

Semoga artikel yang kami tulis dapat memberikan pengetahuan yang lebih mendalam pada anda mengenai Kangen Water. <ds>

 

. Klik tombol LIKE/SHARE jika anda menyukai artikel ini.

Berikan Komentar

Security code
Refresh

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.