E-Cleaning (untuk tipe SD501, Platinum, JrII, LeveLuk-R) - 4.4 out of 5 based on 10 votes
4.4 1 1 1 1 1 Rating 4.40 (10 Votes)

Perawatan Mesin Kangen Water Menggunakan Prosedur E-Cleaning

1

Catatan: Tutorial prosedur E-Cleaning ini untuk mesin Kangen Water tipe SD501, SD501 Platinum, JrII dan LeveLuk-R. Untuk tipe SUPER501 dan K8 bisa dilihat di:

Prosedur E-Cleaning untuk SUPER501

Prosedur E-Cleaning untuk K8

 

Sama seperti semua produk elektronik pada umumnya, mesin Kangen Water pun perlu dilakukan perawatan secara berkala untuk menjaga agar kinerjanya tetap prima. Setiap kali anda memproduksi air Kangen Water, terdapat deposit (kalsium) yaitu seperti zat berwarna putih yang akan menempel pada bagian dalam pelat elektroda mesin. Deposit kalsium ini tidaklah berbahaya jika diminum dan memang akan otomatis terjadi saat proses ionsasi air berlangsung, namun jika tumpukan deposit ini sangat tebal menempel di bagian dalam mesin (pelat elektroda) maka lama kelamaan akan menganggu proses elektrolisis / ionisasi air sehingga dapat berakibat menurunnya kualitas output air kangen water (baik pH maupun ORP tidak akan bisa diproduksi secara maksimal). Selain itu penumpukan deposit kalsium ini juga dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan di pipa mesin Kangen Water dan menyebabkan air mengalir tidak lancar. Solusi untuk hal ini sangat mudah yaitu dengan rutin melakukan perawatan menggunakan prosedur E-cleaning tiap 2 minggu sekali (atau bisa 1 minggu sekali jika produksi harian Kangen Water anda sangat banyak alias di luar pemakaian normal keluarga).

Prosedur E-Cleaning ini menggunakan bubuk yang dinamakan Cleaning Powder. Cleaning Powder sendiri mengandung citrit acid (asam sitrat) yang dibuat dari ekstrak buah apel yang sangat ampuh untuk melepaskan penumpukan lapisan kalsium pada pelat elektroda bagian dalam mesin. Cleaning powder dari Enagic ini memiliki level FOOD GRADE, alias aman jika TAK SENGAJA terkonsumsi. Pemakaiannya adalah 1 sachet setiap kali melakukan prosedur E-Cleaning. Jika anda kehabisan bubuk ini, anda dapat membeli refillnya langsung dengan memesan di kantor pusat Enagic Kangen Water Indonesia (dapat dikirim ke rumah).

Prosedur E-Cleaning ini akan memakan waktu 3-5 jam, atau paling baik jika ditinggalkan saja semalaman selama kurang lebih 8 jam. Jadi malam sebelum tidur anda sebaiknya melakukan prosedur E-Cleaning ini sehingga besok paginya anda dapat menggunakan mesin Kangen Water seperti biasa.

 

Langkah-Langkah Melakukan Prosedur E-Cleaning

 

1. Siapkan CPU-N, 1 sachet cleaning powder dan 1 gelas kosong.

2

 

2. Tuangkan 1 sachet Cleaning Powder ke dalam CPU-N

3

 

3. Pastikan mesin dalam keadaan mati dan cabut listrik Mesin Kangen Water anda.

4

 

4. Buka Filter Cover (yang berwarna hitam) dengan menekan tombol PUSH pada bagian samping kiri mesin.

5

 

5. Buka pengunci filter dengan menggesernya searah jarum jam (ke arah tulisan Remove).

6

 

6. Keluarkan pengunci filter.

7

 

7. Cabut filter Kangen Water. Pastikan saat anda mencabut filter tersebut dua buah cincin karet berwarna hitam (yang dinamakan O Rings) masih melekat di bagian bawah filter.

8

 

8. Sekarang gantikan posisi filter dengan CPU-N yang tadi telah diisi bubuk cleaning powder. Pastikan di bagian bawah CPU-N juga melekat 2 buah cincin karet hitam O Rings.

9

 

9. Pasang pengunci filter agar CPU-N merekat kuat. Geser pengunci filter berlawanan arah jarum jam ke arah tulisan "Install" sampai terdengar bunyi "Klik" yang menandakan CPU-N telah merekat kuat pada posisinya.

10

 

10. Mesin Kangen Water masih dalam keadaan mati (listriknya dicabut), lalu alirkan air agar masuk ke dalam mesin dan biarkan air tersebut keluar melalui pipa atas selama kira-kira 10 detik, lalu matikan aliran air.

11

 

11. Selanjutnya ambil pipa atas dan pipa bawah mesin Kangen Water kemudian masukkan kedua pipa tersebut ke dalam gelas kosong yang tadi disiapkan.

12

 

12. Alirkan lagi air masuk ke dalam mesin sampai bagian dalam gelas terisi sebanyak 3/4 nya dimana ujung pipa atas dan pipa bawah terendam di dalam air selanjutnya tinggalkan saja selama 3-5 jam atau biarkan saja semalaman.

13

 

13. Esok paginya singkirkan gelas lalu nyalakan kembali aliran air. Biarkan air mengalir selama kira-kira 5 menit.

14

 

14. Selanjutnya cabut CPU-N dan letakkan kembali filter ke posisinya semula (ingatlah untuk selalu memperhatikan saat mencabut ataupun memasang, baik di bagian bawah CPU-N maupun di bagian bawah filter masing-masing melekat 2 cincin Ring O. Adapun fungsi Ring O adalah untuk mencegah kebocoran air). Pasang kembali Filter Cover pada tempatnya semula.

15

 

15. Mesin Kangen Water boleh anda nyalakan kembali. Tekan tombol Kangen (pH berapa saja terserah) biarkan air mengalir selama beberapa saat. Anda mungkin akan melihat setelah mesin dibersihkan melalui prosedur E-Cleaning, akan terdapat deposit (zat) berwarna putih ikut keluar. Itu adalah kalsium yang tidak berbahaya jika terminum. Buang saja airnya sampai air Kangen yang dihasilkan bagus kembali.

16

 

16. Di bawah ini merupakan contoh deposit kalsium yang sebelumnya menempel pada pelat elektroda mesin Kangen Water yang telah terbuang keluar setelah melakukan prosedur E-Cleaning. Dengan melepaskan deposit-deposit putih ini keluar maka kinerja mesin Kangen Water anda akan menjadi maksimal lagi dalam mengionisasi air.

17

 

19. Prosedur E-Cleaning selesai. Pastikan CPU-N kering dahulu sebelum menyimpannya kembali ke tempat aman. Jangan simpan CPU-N dalam keadaan basah dan lembab karena dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri dan jamur. Setelah kering tutup kembali dan simpan di tempat yang aman. CPU-N disarankan untuk diganti dengan yang baru setiap 2 tahun sekali.

18

 

Demikianlah prosedur E-Cleaning yang harus anda lakukan secara rutin minimal 2 minggu sekali untuk menjaga agar mesin Kangen Water anda dalam keadaan prima serta dapat menghasilkan air alkali dengan tingkat pH dan kandungan antioksidan yang tinggi. Adapun selain rutin melakukan E-Cleaning, perawatan lain yang disarankan untuk dilakukan adalah:

1. Mengalirkan Beauty Water paling tidak selama kira-kira 3 menit SETIAP HARI. Adapun penjelasan mengapa hal ini harus dilakukan yaitu dalam menciptakan Beauty Water, mesin Kangen Water melakukan pembalikan kutub positif dan negatif (dimana prosedurnya berlawanan dengan ketika menghasilkan air alkali), hal ini bertujuan untuk melepaskan deposit mineral yang menempel pada pelat elektroda saat proses penciptaan air alkali.

2. Saat mesin Kangen Water mengeluarkan notifikasi otomatis yang berbunyi "Notice Cleaning" buang saja air saat notice cleaning ini berlangsung. Tujuan notice cleaning ini juga sama yaitu pembalikkan arus positif dan negatif di dalam pelat elektroda mesin Kangen Water untuk melepaskan deposit-deposit kalsium yang menempel. Notice Cleaning biasanya terjadi otomatis jika anda telah menghasilkan air alkali Kangen Water selama beberapa waktu, atau terjadi ketika anda selesai menghasilkan Strong Acidic Water (pH 2.5) dan kembali ke mode Kangen Water, maka notifikasi Notice Cleaning akan muncul secara otomatis.

3. Terdapat prosedur yang dinamakan DEEP CLEANING dimana akan dilakukan prosedur pembersihan secara menyeluruh pada mesin Kangen Water anda. Untuk prosedur ini mesin harus dikirimkan ke kantor pusat di Jakarta dan anda akan dikenakan biaya service untuk DEEP CLEANING ini. Prosedur DEEP CLEANING disarankan dilakukan setahun sekali agar mesin Kangen Water anda tetap dalam kondisi prima.

  

. Klik tombol LIKE/SHARE jika anda menyukai artikel ini.

Berikan Komentar

Security code
Refresh

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.