Instalasi Mesin (jika menggunakan PREFILTER) - 4.5 out of 5 based on 6 votes
4.5 1 1 1 1 1 Rating 4.50 (6 Votes)

Tutorial Pemasangan Mesin Kangen Water Menggunakan Tambahan PREFILTER

final

Jika anda bermaksud menggunakan air PDAM ataupun air tanah / air sumur sebagai air bahan baku mesin Kangen Water anda, dikarenakan air PDAM maupun air tanah tersebut banyak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh (seperti bakteri E-Coli, tembaga, Klorin, jamur, dll) maka disarankan menggunakan tambahan PREFILTER lagi untuk menyaring semua kotoran tersebut. Meski secara default di dalam mesin Kangen Water sendiri sudah terdapat inner filter (filter dalam) yang juga mampu menyaring kotoran, namun penggunaan air bahan baku yang kurang bersih dapat MEMBERATKAN kinerja inner filter mesin Kangen Water, untuk itulah dibutuhkan bantuan PREFILTER tambahan yang paling tidak dapat sedikit mengurangi beban kinerja inner filter dalam menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh tersebut.

 

TIGA PREFILTER TAMBAHAN dari ENAGIC

3 

prefilter enagic kangen water kdf, ion, antibakteri

Jika anda berminat membeli PREFILTER tambahan tersebut, Enagic sendiri menjual 3 PREFILTER tambahan yang masing-masing memiliki fungsi khusus sendiri. Ketiga prefilter tambahan berikut penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. KDF

KDF adalah singkatan dari Kinetic Degradation Fluxion Media. Filter ini terdiri dari campuran murni antara copper (tembaga) dan zinc (seng). Filter KDF berfungsi untuk membunuh jamur dan alga, mengontrol pertumbuhan bakteri, menghilangkan klorin, pestisida dan zat organik, karat, bau dan rasa yang tak enak, hidrogen sulfida, besi, arang, nikel, kromium, kadmium, kalsium, aluminium, merkuri, arsenik dan campuran organik lainnya. Masa pakai filter ini sekitar 6 bulan atau 6000 liter

2. ION

Air sadah (Hard Water) adalah air yang mengandung terlalu banyak mineral. Fungsi Prefilter Ion ialah mengurangi tingkat kesadahan air dan menjadikannya lebih lunak (Soft Water). Filter ion ini terutama digunakan di daerah dimana air memiliki tingkat kesadahan yang sangat tinggi. Jika total kesadahan airnya lebih dari 100ppm, maka prefilter ion baik untuk digunakan karena bisa menjaga ketahanan pelat elektroda mesin kangen water. Masa pakai filter ini adalah sekitar 600-1000 liter air atau 1-4 bulan tergantung tingkat penggunaan dan kesadahan air di daerah tersebut.

3. Antibakteri

Filter ini merupakan filter karbon antibakteri yang terdiri atas perak yang mengandung karbon aktif sehingga membuat perak tersebut dapat larut dalam air secara perlahan-lahan. Ion silver berfungsi untuk membunuh sel membran atau enzim aktif dari protoplasma sehingga bisa membunuh bakteri di dalam air. Masa penggunaan filter ini yaitu selama 6 bulan atau 6000 liter.

 

Selain 3 Prefilter tersebut, dibutuhkan juga Tabung Housing untuk memasukkan perfilter tersebut ke dalam "Rumahnya". Gambar di bawah ini adalah yang dimaksud dengan tabung Housing.

tabung 

housing prefilter

Setelah paham mengenai prefilter dan fungsinya, mari kita belajar cara paling mudah untuk memasang prefilter tersebut.

 

Langkah-Langkah Instalasi Mesin Kangen Water Menggunakan Tambahan PREFILTER

Estimasi waktu pengerjaan : kurang dari 30 menit.

mesin kangen prefilter keran

 

Tahap pengerjaannya dibagi menjadi 3 LANGKAH yaitu:

LANGKAH 1: Memasang Diverter

LANGKAH 2: Merakit Prefilter lalu Menghubungkannya ke Diverter

LANGKAH 3: Menghubungkan Mesin Kangen Water Ke Prefilter

 

Klik pada TAB di bawah ini untuk melihat langkah-langkahnya satu persatu.

(LANGKAH 1/3) Memasang Diverter

1. Tujuan akhir kita terlihat pada foto di bawah ini dimana kita menghubungkan DIVERTER ke KEPALA KERAN AIR di wastafel.

diverter2

 

2. Adapun komponen yang kita butuhkan yaitu DIVERTER dan RING ADAPTER yang sudah disertakan saat pembelian mesin.

diverter3

 

3. Sekarang tugas kita pertamakali adalah MENGIDENTIFIKASI keran jenis apa yang terpasang pada wastafel di rumah kita? (lihat gambar)

diverter4

A) Jenis leher angsa (jika kepala keran berbentuk panjang seperti leher angsa (gambar no.1))

B) Jenis Inner Screw (jika ujung kepala keran sekrup filternya bisa dilepas dengan jenis sekrup yang "MASUK ke dalam", (gambar no.2))

C) Jenis Outer Screw (jika ujung kepala keran sekrup filternya bisa dilepas dengan jenis sekrup yang "TIMBUL ke luar" (gambar no.3))

 

Setelah selesai mengidentifikasi, silakan klik pada tombol di bawah ini untuk melihat cara pemasangan diverter sesuai dengan jenis keran anda.

A) KEPALA KERAN JENIS LEHER ANGSA

Untuk keran jenis leher angsa langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

 

1. Ambil Diverter, lepaskan bagian kepala diverter kemudian masukkan ke dalam leher angsa.

diverter5

 

2. Lihat kumpulan Ring Adapter, untuk jenis leher angsa ada pada kategori A. Pada kategori A inipun terbagi lagi menjadi 3 ring adapter yang masing-masing memiliki diameter yang berbeda (besar, sedang, kecil). Pilih Ring Adapter berdiameter pas dengan keran leher angsa di rumah anda.

diverter6

 

3. Ambil Ring Adapter yang telah kita pilih tadi lalu masukkan ke ujung keran leher angsa.

diverter7

 

4. Selesai. Sekarang sambungkan langsung ke diverter, putar untuk mengencangkannya.

diverter8

 

5. Coba test nyalakan keran air, jika bocor maka kita akan memperbaikinya di langkah berikutnya.

diverter9

 

6. Gunakan selotip pipa pada ujung leher angsa agar sambungkan menjadi rapat. Test dengan mengalirkan airnya. Jika tidak ada kebocoran air lagi maka tugas pemasangan diverter pada keran berjenis leher angsa SELESAI.

diverter10

 

7. Di bawah ini adalah contoh kasus dimana Adapter Ring kategori A (baik yang berukuran besar, sedang, dan kecil) tidak ada yang cocok dengan diameter keran leher angsa di rumah anda. Solusinya adalah menggunakan Adapter Ring FLEKSIBEL (kategori D). Dimana ukurannya bisa menyesuaikan diri dengan ukuran diameter apapun jenis keran leher angsa di rumah anda.

diverter11

 

8. Lihat gambar. Masukkan kepala diverter terlebih dahulu, kemudian taruh ring adapter tipe D di ujung kepala keran. Setelah kepala diverter bisa menempel barulah di bagian paling atasnya dimasukkan baut untuk mengencangkannya (gunakan bantuan obeng untuk memutar sekrup bautnya). Selanjutnya tinggal pasang diverternya. Selesai.

diverter12

B) KEPALA KERAN JENIS INNER SCREW

Contoh kepala keran jenis inner screw tampak pada gambar di bawah ini.

diverter13

Berikut langkah-langkah pemasangannya:

 

1. Dengan bantuan tang, buka bagian ujung filter dari keran jenis inner screw tersebut.

diverter14

 

2. Lihat pada kumpulan Ring Adapter, jenis yang cocok dengan Inner Screw ada pada kategori C.

diverter15

 

3. Lihat gambar mengenai cara pemasangannya. Pertama taruh kepala diverter di bagian paling atas, lalu dibawahnya ditaruh adapter ring, kemudian tempelkan ke ujung keran air.

diverter16

 

4. Gunakan uang logam untuk megencangkan sambungan (putar searah jarum jam) agar Ring Adapter menempel erat pada bagian bawah keran. Selanjutnya pasang Diverter maka pemasangan Diverter untuk kepala keran tipe INNER SCREW pun selesai.

diverter17

C) KEPALA KERAN JENIS OUTER SCREW

Contoh kepala keran jenis outer screw tampak pada gambar di bawah ini.

diverter18

Berikut langkah-langkah pemasangannya:

 

1. Langkah pertama adalah buka filter pada ujung keran berjenis OUTER screw ini.

diverter19

 

2. Selanjutnya cari Ring Adapter yang sesuai untuk keran tipe ini. Ring Adapter yang cocok untuk tipe Outer Screw ada pada kategori B, dan terdapat 2 jenis yang ukuran diameternya berbeda, pilih yang ukurannya sesuai dengan kepala keran di wastafel anda tersebut.

diverter20

 

3. Lihat gambar cara menghubungkannya. Pertama taruh kepala diverter di bagian paling atas, kemudian dibawahnya taruh Ring Adapter kategori B yang telah kita pilih tadi. Kemudian kencangkan bagian bawahnya menggunakan uang koin (putar searah jarum jam) agar ring adapter merekat kuat pada ujung kepala keran.

diverter21

 

4. Pasang diverter. Maka selesai sudah pemasangan diverter ke kepala keran yang berjenis OUTER SCREW.

diverter22

Jika KEPALA KERAN di rumah saya TIDAK COCOK SEMUA apa yang harus saya lakukan?

Ada beberapa kepala keran tipe tertentu dimana Ring Adapter Default yang disertakan saat pembelian mesin Kangen Water tidak ada yang sesuai dengan kepala keran di rumah anda. Jenis-jenis yang tidak sesuai tersebut contohnya:

a. Kepala keran yang ukuran lehernya terlalu pendek

b. Kepala keran yang ukuran diameternya tidak ada yang sesuai dengan ring adapter default.

c. Jenis INNER atau OUTER SCREW yang berbeda dengan ukuran default Ring Adapter.

d. Kepala keran yang menggunakan sensor.

e. Kepala keran yang bertipe shower.

Jika kepala keran air di rumah anda tidak cocok dengan Ring Adapter Default yang disertakan maka solusinya adalah anda tinggal mengganti jenis kepala keran di rumah anda tersebut dengan yang sesuai dengan Ring Adapter Default seperti tipe A,B,C di atas.

 

diverter23

end faq

(LANGKAH 2/3) Merakit Prefilter lalu Menghubungkannya ke Diverter

Pada langkah kedua ini, kita akan merakit Tabung Housing (rumah) untuk prefilter, dan setelah itu tinggal menghubungkannya ke Diverter yang telah kita selesaikan di langkah 1 tadi.

prefilter2

 

1. Berikut ini perlengkapan yang kita butuhkan:

prefilter3

1) Tabung Housing (3 buah) ukuran 1/2

2) Double Neple (2 buah) ukuran 1/2

3) Neple Selang (2 buah) ukuran 1/2 x 1/4

4) Selang Benang (1 meter) ukuran 3/8

5) Kunci Housing

6) Selotip Pipa

7) Klem selang / Cincing pengencang selang (2 buah) ukuran 3/4

 

Serta tak lupa siapkan juga 3 jenis prefilter original Enagic yang kita butuhkan yaitu KDF, Ion dan Antibakteri

prefilter4

 

2. Sekarang kita akan mulai menghubungkan 3 housing menjadi 1 rangkaian.

prefilter5

 

3. Masukkan 1 buah Neple Selang (yang terbuat dari kuningan) ke dalam salah satu ujung kepala Housing yang bertuliskan "IN", sebaiknya gunakan selotip pipa pada sambungan agar tidak terjadi kebocoran air nantinya.

prefilter6

 

4. Sambungkan masing-masing kepala housing dengan perantaraan Double Neple, tetap gunakan selotip pipa agar sambungan merekat kuat dan tidak ada kebocoran air nantinya.

prefilter7

 

5. Masukkan Neple Selang (kuningan) pada ujung kepala housing yang satu lagi yang bertuliskan "OUT"

prefilter8

 

6. Selanjutnya masukkan 3 buah prefilter masing-masing ke dalam tabungnya.

prefilter9

 

7. Sambungkan kepala housing dengan badan housing yang tadi telah kita isi dengan 3 jenis prefilter, adapun urutan penempatan prefilter bisa dilihat di gambar dimana pada ujung posisi yang bertuliskan OUT itu diisi dengan prefilter ANTIBAKTERI, kemudian yang ditengah diisi dengan prefilter ION, dan pada ujung satunya yang bertuliskan IN, diisi dengan prefilter KDF.

prefilter10

 

8. Kencangkan sambungan badan dan kepala housing menggunakan bantuan Kunci Housing.

prefilter11

 

9. VOILA! selesai sudah menghubungkan 3 housing menjadi satu.

prefilter12

 

10. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan salah satu ujung Selang Benang berukuran 1 meter (catatan: jika dirasa terlalu panjang anda dapat memotongnya sendiri) pada ujung Diverter Keran Air dan...

prefilter13

 

11. Memasukkan ujung selang yang satu lagi pada ujung Housing yang bertuliskan "IN"....

prefilter14a

 

12. Oh ya, agar selang melekat kuat pada Neple Selang (tembaga kuningan) serta pada ujung Diverter, jangan lupa diberikan Cincin Pengencang Selang yang dapat mengunci erat selang tersebut agar tidak terlepas akibat tekanan air saat keran dinyalakan. Gunakan bantuan obeng untuk mengunci erat cincin pengencang selang dan test juga dengan mencoba menarik selang yang telah diberikan cincin tersebut, jika susah dicabut berarti anda sudah benar melakukannya. Dengan ini langkah kedua yaitu merakit prefilter serta menghubungkannya ke diverter telah selesai, selanjutnya kita masuk ke langkah terakhir.

prefilter14b

 

(LANGKAH 3/3) Menghubungkan Mesin Kangen Water Ke Prefilter

Pada langkah terakhir ini kita tinggal menghubungkan selang "Water Supply" Mesin Kangen Water ke bagian ujung tabung housing prefilter yang bertuliskan "OUT". Berikut langkah-langkahnya:

 

1. Lihat salah satu selang Kangen Water, ada yang ujungnya memiliki stiker berwarna hijau bertuliskan "Water Supply" ambil selang tersebut.

prefilter16

 

2. Selanjutnya masukkan selang Water Supply tersebut ke Neple Selang (tembaga kuningan) yang bertuliskan OUT. Kencangkan sambungan menggunakan cincin pengencang yang tersedia.

prefilter17

 

3. Setelah itu agar rapi, ambil selang abu-abu dari mesin Kangen Water yang ujungnya ada stiker berwarna orange dengan tulisan "Strong Acidic" lalu masukkan ke dalam suction cup, kemudian tempelkan di bagian samping baki wastafel.

prefilter18

 

4. PROSES INSTALASI SELESAI. kini anda dapat menggunakan mesin Kangen Water anda. Nyalakan keran air sampai air memenuhi ketiga tabung housing kemudian air akan masuk ke dalam mesin Kangen Water dan anda tinggal menikmati air Kangen Water yang enak dan menyehatkan. Oh ya jika anda perhatikan pada bagian kepala tabung housing, disitu ada seperti tombol yang berwarna merah. Tombol itu fungsinya untuk membuang kelebihan gelembung udara saat air keran pertamakali memenuhi tabung housing. Tekan saja masing-masing tombol merah pada tabung housing tersebut ketika pertamakali air mengalir masuk agar volume air di dalam tabung bisa penuh tanpa ada gelembung udara.

prefilter19

- SELESAI -

end faq

-PROSES SELESAI-

 

Proses di atas sebenarnya TELAH SELESAI, namun kami akan memberikan satu lagi ALTERNATIF yang bisa anda pilih yaitu:

Merakit Tabung Housing menggunakan kepala selang RO

Adapun tutorial alternatif yang menggunakan Kepala Selang RO ini 90% prosesnya hampir sama dengan tutorial diatas, hanya saja yang membedakannya pada tutorial ini kita akan menggunakan Kepala Selang RO (alias SDL=Sok Drat Luar) pada kepala housing di bagian yang bertuliskan "OUT" sebagai PENGGANTI Neple Selang (tembaga kuningan). Kenapa kita menggunakan Kepala Selang RO? karena kepala selang RO ini terbuat dari plastik yang anti karat sehingga air yang nantinya mengalir dari ujung OUT akan lebih bersih dan aman. Mengenai apa yang dimaksud dengan Kepala Selang RO (alias SDL) bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

ro vs kuningan

Berhubung yang membedakan tutorial alternatif ini dengan tutorial sebelumnya hanya terletak di cara pemasangan bagian housing saja maka kita langsung loncat ke LANGKAH KEDUA dan KETIGA, sedangkan LANGKAH PERTAMA bisa dilihat di bagian paling atas dari tutorial ini yang berjudul "(LANGKAH 1/3) Memasang Diverter"

 

(Langkah 2/3) Merakit Prefilter menggunakan kepala selang RO, lalu Menghubungkannya ke Diverter

Foto alat-alat yang kita butuhkan adalah seperti tampak pada gambar di bawah ini

prefilter2

prefilter3

Berikut penjelasan mengenai perlengkapan yang kita butuhkan:

1) Tabung Housing (3 buah) ukuran 1/2

2) Double Neple (2 buah) ukuran 1/2

3A) Neple Selang (1 buah) ukuran 1/2 x 1/4

3B) SDL / Sok Drat Luar (alias Kepala RO) (1 buah) ukuran 1/2 x 3/8

4A) Selang Benang (1 meter) ukuran 3/8

4B) Selang RO (1 meter) ukuran 3/8

5) Kunci Housing

6) Selotip Pipa

7) Klem selang / Cincing pengencang selang (2 buah) ukuran 3/4

 

Serta tak lupa siapkan juga 3 jenis prefilter original Enagic yang kita butuhkan yaitu KDF, Ion dan Antibakteri

prefilter4

 

2. Sekarang kita akan mulai menghubungkan 3 housing menjadi 1 rangkaian.

prefilter5

 

3. Masukkan 1 buah Neple Selang (yang terbuat dari kuningan) ke dalam salah satu ujung kepala Housing yang bertuliskan "IN", sebaiknya gunakan selotip pipa pada sambungan agar tidak terjadi kebocoran air nantinya.

prefilter6

 

4. Sambungkan masing-masing kepala housing dengan perantaraan Double Neple, tetap gunakan selotip pipa agar sambungan merekat kuat dan tidak ada kebocoran air nantinya.

prefilter7

 

5. Masukkan SDL (kepala selang RO) pada ujung kepala housing yang satu lagi yang bertuliskan "OUT"

prefilter8

 

6. Selanjutnya masukkan 3 buah prefilter masing-masing ke dalam tabungnya.

prefilter9

 

7. Sambungkan kepala housing dengan badan housing yang tadi telah kita isi dengan 3 jenis prefilter, adapun urutan penempatan prefilter bisa dilihat di gambar dimana pada ujung posisi yang bertuliskan OUT itu diisi dengan prefilter ANTIBAKTERI, kemudian yang ditengah diisi dengan prefilter ION, dan pada ujung satunya yang bertuliskan IN, diisi dengan prefilter KDF.

prefilter10

 

8. Kencangkan sambungan badan dan kepala housing menggunakan bantuan Kunci Housing.

prefilter11

 

9. VOILA! selesai sudah menghubungkan 3 housing menjadi satu.

prefilter12

 

10. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan salah satu ujung Selang Benang berukuran 1 meter (catatan: jika dirasa terlalu panjang anda dapat memotongnya sendiri) pada ujung Diverter Keran Air dan...

prefilter13

 

11. Memasukkan ujung selang yang satu lagi pada ujung Housing yang bertuliskan "IN"....

prefilter14a

 

12. Oh ya, agar selang melekat kuat pada Neple Selang (tembaga kuningan) serta pada ujung Diverter, jangan lupa diberikan Cincin Pengencang Selang yang dapat mengunci erat selang tersebut agar tidak terlepas akibat tekanan air saat keran dinyalakan. Gunakan bantuan obeng untuk mengunci erat cincin pengencang selang dan test juga dengan mencoba menarik selang yang telah diberikan cincin tersebut, jika susah dicabut berarti anda sudah benar melakukannya.

prefilter14b

 

13. Selanjutnya pada bagian ujung OUT dimana terdapat SDL (alias Kepala RO) sambungkan dengan Selang RO yang berwarna putih berukuran 1 meter (jika dirasa terlalu panjang anda bisa memotongnya). Tekan pengunci sambungan tersebut dan pastikan selang RO tidak mudah terlepas dari SDL. Dengan ini langkah kedua telah selesai, selanjutnya kita masuk ke langkah terakhir.

prefilter14b

 

(Langkah 3/3) Menghubungkan Mesin Kangen Water Ke Prefilter

Pada langkah terakhir ini kita tinggal menghubungkan selang "Water Supply" Mesin Kangen Water ke bagian ujung selang RO yang telah kita pasang pada langkah kedua tadi. Berikut langkah-langkahnya:

 

1. Lihat salah satu selang Kangen Water, ada yang ujungnya memiliki stiker berwarna hijau bertuliskan "Water Supply" ambil selang tersebut.

prefilter16

 

2. Ambil ujung selang RO lalu masukkan ke dalam selang water supply. Selang RO yang berukuran 3/8 akan masuk dengan PAS ke dalam selang Water Supply dari mesin Kangen Water.

prefilter17

 

3. Setelah itu agar rapi, ambil selang abu-abu dari mesin Kangen Water yang ujungnya ada stiker berwarna orange dengan tulisan "Strong Acidic" lalu masukkan ke dalam suction cup, kemudian tempelkan di bagian samping baki wastafel.

prefilter18

 

4. PROSES INSTALASI SELESAI. Kini anda dapat menggunakan mesin Kangen Water anda. Nyalakan keran air sampai air memenuhi ketiga tabung housing kemudian air akan masuk ke dalam mesin Kangen Water dan anda tinggal menikmati air Kangen Water yang enak dan menyehatkan. Oh ya jika anda perhatikan pada bagian kepala tabung housing, disitu ada seperti tombol yang berwarna merah. Tombol itu fungsinya untuk membuang kelebihan gelembung udara saat air keran pertamakali memenuhi tabung housing. Tekan saja masing-masing tombol merah pada tabung housing tersebut ketika pertamakali air mengalir masuk agar volume air di dalam tabung bisa penuh tanpa ada gelembung udara.

prefilter19

- SELESAI -

end faq

 

. Klik tombol LIKE/SHARE jika anda menyukai artikel ini.

Komentar  

0 #4 Dikky Satia. 2017-07-07 06:19
Kutipan dari Martin:
Salam Kenal, saya mau tanya Pak.
kalau menggunakan air RO dengan menggunakan 3 prefilter itu bisa ya Pak ?

Terimakasih atas pertanyaanya.

Air RO adalah air yang tidak mengandung mineral sama sekali karena proses RO menghilangkan semua kandungan mineral dari dalam air sedangkan mesin kangen water membutuhkan air yang mengandung ion-ion mineral, karena itu jika bapak menggunakan air RO sebagai air bahan bakunya maka hasil kangen waternya akan kurang bagus atau tidak sempurna.

Kami sarankan air bahan bakunya jangan menggunakan RO pak, namun pakai air mineral biasa (contoh air Aqua, air isi ulang yang bukan berjenis RO, air gunung, dll)

Demikian jawaban dari kami,

Salam,

Dikky Satia
Distributor Enagic Kangen Water Indonesia
Kutip
0 #3 Martin 2017-07-07 01:47
Salam Kenal, saya mau tanya Pak.
kalau menggunakan air RO dengan menggunakan 3 prefilter itu bisa ya Pak ?
Kutip
0 #2 Dikky Satia. 2016-02-08 09:30
Kutipan dari Mursal:
Pak dicky thanks berat info nya sangat berguna bagi saya yg bingung ketika instalasi menggunakan air pam. Smga selalu berkah ya pak rejeki dan usahanya. Aamiin


Ya, sama-sama Pak Mursal

Salam,
Dikky Satia
Distributor Enagic Kangen Water Indonesia
HP: 0878.8739.0449
Kutip
+1 #1 Mursal 2016-02-06 14:37
Pak dicky thanks berat info nya sangat berguna bagi saya yg bingung ketika instalasi menggunakan air pam. Smga selalu berkah ya pak rejeki dan usahanya. Aamiin
Kutip

Berikan Komentar

Security code
Refresh

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.