Instalasi Mesin (jika air keran boleh langsung diminum) - 4.8 out of 5 based on 6 votes
4.8333333333333 1 1 1 1 1 Rating 4.83 (6 Votes)

Tutorial Pemasangan Mesin Kangen Water Langsung Ke Keran Air

Jika rumah anda telah dipasang sistem filtrasi dimana air dari keran boleh langsung diminum (seperti air keran di negara maju seperti Jepang, Amerika, Singapura, Jerman dll) maka anda tinggal membeli mesin Kangen Water saja dengan sumber air bahan bakunya langsung dihubungkan ke keran air di rumah. Adapun video tutorial mengenai cara pemasangannya sudah diberikan di dalam CD saat anda membeli mesin Kangen Water.

Untuk pemakaian di INDONESIA, cara ini tidak disarankan karena air yang langsung dari keran PDAM mengandung banyak klorin dan zat berbahaya lainnya, demikian juga jika air bahan baku tersebut berasal dari air sumur atau air tanah tanpa melalui proses filtrasi karena air sumur mengandung banyak sekali zat-zat organik dan logam-logam berbahaya. Untuk permasalahan sumber air bahan baku yang BUKAN merupakan air siap minum tersebut telah kami berikan solusinya pada 2 artikel di bawah ini.

 

1. Gunakan air galon kemasan 19 liter.

Jika sumber air bahan baku yang anda gunakan berasal dari Air Galon 19 liter siap minum, maka disarankan instalasinya menggunakan alat tambahan berupa Flojet. Cara ini adalah cara yang paling kami rekomendasikan.

 

2. Memasang tambahan 3 prefilter khusus dari Enagic.

Jika anda masih tetap ingin menggunakan air keran, meski tidak sebagus jika menggunakan air galon 19 liter siap minum, namun cara ini jauh lebih baik yaitu menggunakan tambahan 3 prefilter khusus untuk menyaring klorin, logam-logam berbahaya dan zat-zat organik dari air keran tersebut. Anda dapat membaca caranya pada artikel: instalasi mesin menggunakan tambahan prefilter.

 

Setelah anda paham mengenai sumber air bahan baku yang akan anda gunakan, penjelasan langkah-langkah instalasi mesin di bawah ini KHUSUS untuk air keran yang sudah siap minum.

 

Langkah-Langkah Menghubungkan Mesin Kangen Water Langsung Ke Keran Air di Rumah

Estimasi waktu pengerjaan : kurang dari 20 menit. 

diverter1

 

Tahap pengerjaannya dibagi menjadi 2 LANGKAH yaitu:

LANGKAH 1: Memasang Diverter

LANGKAH 2: Menghubungkan Mesin Kangen Water Ke Keran Melalui Diverter

 

(LANGKAH 1/2) Memasang Diverter

1. Tujuan akhir kita terlihat pada foto di bawah ini dimana kita menghubungkan DIVERTER ke KEPALA KERAN AIR di wastafel.

diverter2

 

2. Adapun komponen yang kita butuhkan yaitu DIVERTER dan RING ADAPTER yang sudah disertakan saat pembelian mesin.

diverter3

 

3. Sekarang tugas kita pertamakali adalah MENGIDENTIFIKASI keran jenis apa yang terpasang pada wastafel di rumah kita? (lihat gambar)

diverter4

A) Jenis leher angsa (jika kepala keran berbentuk panjang seperti leher angsa (gambar no.1))

B) Jenis Inner Screw (jika ujung kepala keran sekrup filternya bisa dilepas dengan jenis sekrup yang "MASUK ke dalam", (gambar no.2))

C) Jenis Outer Screw (jika ujung kepala keran sekrup filternya bisa dilepas dengan jenis sekrup yang "TIMBUL ke luar" (gambar no.3))

 

Setelah selesai mengidentifikasi, silakan klik pada tombol di bawah ini untuk melihat cara pemasangan diverter sesuai dengan jenis keran anda.

A) KEPALA KERAN JENIS LEHER ANGSA

Untuk keran jenis leher angsa langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

 

1. Ambil Diverter, lepaskan bagian kepala diverter kemudian masukkan ke dalam leher angsa.

diverter5

 

2. Lihat kumpulan Ring Adapter, untuk jenis leher angsa ada pada kategori A. Pada kategori A inipun terbagi lagi menjadi 3 ring adapter yang masing-masing memiliki diameter yang berbeda (besar, sedang, kecil). Pilih Ring Adapter berdiameter pas dengan keran leher angsa di rumah anda.

diverter6

 

3. Ambil Ring Adapter yang telah kita pilih tadi lalu masukkan ke ujung keran leher angsa.

diverter7

 

4. Selesai. Sekarang sambungkan langsung ke diverter, putar untuk mengencangkannya.

diverter8

 

5. Coba test nyalakan keran air, jika bocor maka kita akan memperbaikinya di langkah berikutnya.

diverter9

 

6. Gunakan selotip pipa pada ujung leher angsa agar sambungkan menjadi rapat. Test dengan mengalirkan airnya. Jika tidak ada kebocoran air lagi maka tugas pemasangan diverter pada keran berjenis leher angsa SELESAI.

diverter10

 

7. Di bawah ini adalah contoh kasus dimana Adapter Ring kategori A (baik yang berukuran besar, sedang, dan kecil)  tidak ada yang cocok dengan diameter keran leher angsa di rumah anda. Solusinya adalah menggunakan Adapter Ring FLEKSIBEL (kategori D). Dimana ukurannya bisa menyesuaikan diri dengan ukuran diameter apapun jenis keran leher angsa di rumah anda.

diverter11

 

8. Lihat gambar. Masukkan kepala diverter terlebih dahulu, kemudian taruh ring adapter tipe D di ujung kepala keran. Setelah kepala diverter bisa menempel barulah di bagian paling atasnya dimasukkan baut untuk mengencangkannya (gunakan bantuan obeng untuk memutar sekrup bautnya). Selanjutnya tinggal pasang diverternya. Selesai.

diverter12

B) KEPALA KERAN JENIS INNER SCREW

Contoh kepala keran jenis inner screw tampak pada gambar di bawah ini.

diverter13

Berikut langkah-langkah pemasangannya:

 

1. Dengan bantuan tang, buka bagian ujung filter dari keran jenis inner screw tersebut.

diverter14

 

2. Lihat pada kumpulan Ring Adapter, jenis yang cocok dengan Inner Screw ada pada kategori C.

diverter15

 

3. Lihat gambar mengenai cara pemasangannya. Pertama taruh kepala diverter di bagian paling atas, lalu dibawahnya ditaruh adapter ring, kemudian tempelkan ke ujung keran air.

diverter16

 

4. Gunakan uang logam untuk megencangkan sambungan (putar searah jarum jam) agar Ring Adapter menempel erat pada bagian bawah keran. Selanjutnya pasang Diverter maka pemasangan Diverter untuk kepala keran tipe INNER SCREW pun selesai.

diverter17

C) KEPALA KERAN JENIS OUTER SCREW

Contoh kepala keran jenis outer screw tampak pada gambar di bawah ini.

diverter18

 Berikut langkah-langkah pemasangannya:

 

1. Langkah pertama adalah buka filter pada ujung keran berjenis OUTER screw ini.

diverter19

 

2. Selanjutnya cari Ring Adapter yang sesuai untuk keran tipe ini. Ring Adapter yang cocok untuk tipe Outer Screw ada pada kategori B, dan terdapat 2 jenis yang ukuran diameternya berbeda, pilih yang ukurannya sesuai dengan kepala keran di wastafel anda tersebut.

diverter20

 

3. Lihat gambar cara menghubungkannya. Pertama taruh kepala diverter di bagian paling atas, kemudian dibawahnya taruh Ring Adapter kategori B yang telah kita pilih tadi. Kemudian kencangkan bagian bawahnya menggunakan uang koin (putar searah jarum jam) agar ring adapter merekat kuat pada ujung kepala keran.

diverter21

 

4. Pasang diverter. Maka selesai sudah pemasangan diverter ke kepala keran yang berjenis OUTER SCREW.

diverter22

Jika KEPALA KERAN di rumah saya TIDAK COCOK SEMUA apa yang harus saya lakukan?

Ada beberapa kepala keran tipe tertentu dimana Ring Adapter Default yang disertakan saat pembelian mesin Kangen Water tidak ada yang sesuai dengan kepala keran di rumah anda. Jenis-jenis yang tidak sesuai tersebut contohnya:

a. Kepala keran yang ukuran lehernya terlalu pendek

b. Kepala keran yang ukuran diameternya tidak ada yang sesuai dengan ring adapter default.

c. Jenis INNER atau OUTER SCREW yang berbeda dengan ukuran default Ring Adapter.

d. Kepala keran yang menggunakan sensor.

e. Kepala keran yang bertipe shower.

Jika kepala keran air di rumah anda tidak cocok dengan Ring Adapter Default yang disertakan maka solusinya adalah anda tinggal mengganti jenis kepala keran di rumah anda tersebut dengan yang sesuai dengan Ring Adapter Default seperti tipe A,B,C di atas.

 

diverter23

end faq

 

 

(LANGKAH 2/2) Menghubungkan Mesin Kangen Water Ke Keran Melalui Diverter

1. Pada mesin Kangen Water anda, ada sebuah selang dengan ujung stiker berwarna hijau yang bertuliskan WATER SUPPLY, kita akan menghubungkan selang ini ke diverter yang tadi telah kita pasang pada langkah 1.

keran2

 

2. Masukkan selang hijau pada diverter. Gunakan baut pengencang yang tersedia agar sambungan merekat kencang.

keran3

 

3. Agar terlihat rapi, tempelkan pipa/selang abu-abu bertuliskan Strong Acidic ke pinggiran baki wastafel dengan perantara Suction Cup yang tersedia.

keran4

 

4. Untuk mengoperasikan diverter anda tinggal membuka keran aliran air lalu geser tuas diverter untuk mengalihkan aliran air masuk ke dalam selang mesin Kangen Water.

diverter2

 

5. Instalasi selesai, anda kini dapat menikmati air Kangen Water yang menyehatkan. <ds>

keran5

 

Catatan:

Anda juga dapat melihat "Tutorial Instalasi Mesin Kangen Water" pada video Youtube di bawah ini:

 

. Klik tombol LIKE/SHARE jika anda menyukai artikel ini.

Berikan Komentar

Security code
Refresh

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.