Cara Mengoperasikan Mesin Kangen Water Khusus Tipe Kangen 8 (K8) - 4.6 out of 5 based on 9 votes
4.5555555555556 1 1 1 1 1 Rating 4.56 (9 Votes)

Segala Hal Mengenai Cara Setting dan Pengoperasian LeveLuk K8

leveluk k8 kangen 8

Jika anda bertanya mana produk mesin Kangen Water yang memiliki spesifikasi tertinggi saat ini? maka jawabannya adalah tipe LeveLuk K8 (yang merupakan singkatan dari KANGEN 8). 

Keunggulan K8 ini adalah bahwa bagian dalam mesinnya telah ditambahkan 1 buah pelat dibandingkan tipe-tipe sebelumnya sehingga totalnya berjumlah 8 buah pelat elektroda. Dengan penambahan pelat elektroda ini tentu saja akan meningkatkan kualitas air hasil ionisasi sehingga mampu menghasilkan air alkali yang memiliki ANTIOKSIDAN SUPER TINGGI dan SUPER DAHSYAT dibandingkan semua tipe mesin ionisasi air yang ada. Hal ini tentu saja sangat berguna mengingat fungsi utama antioksidan yaitu untuk menetralisir radikal bebas penyebab penyakit di dalam tubuh.

Selain penambahan pelat, K8 juga telah mensupport fitur TOUCH SCREEN alias layar sentuh dimana dalam pengoperasiannya anda hanya tinggal menyentuh layar LCD untuk mensetting ataupun memilih jenis air yang anda ingin ciptakan. Selain itu satu lagi peningkatan dari tipe K8 ini yaitu ia mampu "berbicara" dalam 8 bahasa yaitu bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Portugis, Jepang, dan Chinese sehingga anda dapat memilih mana bahasa yang anda kehendaki untuk diaplikasikan pada mesin K8 anda.

Berikut ini akan kami jelaskan satu demi satu tutorial mengenai cara instalasi, setting, perawatan e-cleaning, penggantian filter dll segala hal yang berhubungan dengan K8.

 

Cara Pasang

Untuk cara instalasi atau pemasangan mesin sama dengan tipe mesin Kangen Water yang lain. Sebenarnya anda hanya tinggal menghubungkan mesin LeveLuk K8 LANGSUNG ke keran air menggunakan bantuan diverter dengan syarat air keran di rumah anda boleh langsung diminum (seperti air keran yang terdapat di rumah-rumah negara maju). Jika air keran anda tidak memenuhi syarat untuk langsung diminum, maka anda dapat menggunakan bantuan generator mini penyedot air FLOJET dengan sumber air yang berasal dari air galon 19 liter, ataupun menggunakan tambahan PREFILTER KHUSUS jika anda tetap mau menggunakan sumber air bahan baku dari keran PDAM.

 

Cara Pengoperasian

perbandingan layar k8 dan sd501

Gambar di atas merupakan perbandingan antara tipe K8 dengan SD501 dimana layar K8 sudah sepenuhnya menggunakan FULL LCD Touch Screen sedangkan tipe SD501 masih menggunakan tombol-tombol, dan layar LCD hanya sebatas menampilkan mode yang dipilih saja.

(Catatan, saat menyentuh layar LCD K8, pastikan anda menyentuhnya dengan lembut dan jari dalam keadaan kering. Jangan menyentuh layar LCD menggunakan benda-benda keras dan tajam seperti ujung pena dll yang dapat mengakibatkan kerusakan layar LCD. Jika mesin K8 baru anda beli, ada plastik pelindung layar LCD yang harus dibuka terlebih dahulu agar Layar Sentuh bisa berfungsi dengan baik).

 

Gambar di bawah ini merupakan tampilan layar LCD pada mesin K8 anda, berikut fungsi masing-masing tombolnya:

Home Screen / Layar Utama

k8 tombol

Keterangan:

1. Layar Petunjuk : Pada bagian ini akan ditampilkan tulisan mengenai mode yang anda pilih.

2. Layar pemilihan jenis air : anda tinggal menekan tombol jenis air yang anda pilih. (pH 8.5 - 9.5 sebagai air minum alkali, pH 7.0 air netral, pH 6.0 Beauty Water, pH 2.5 Strong Acidic Water)

3. Setting : menampilkan pilihan tombol-tombol untuk pengaturan mesin (lihat keterangannya di bawah ini).

 

Setting Screen / Layar Pengaturan Mesin

kangen water k8 setting screen

1. Pilihan Bahasa : Ada beberapa bahasa yang bisa anda pilih di sini yaitu Jepang, Inggris, Perancis, Jerman, Belanda, China, Italia, Spanyol, Portugis (default = bahasa Inggris).

2. Volume : merupakan tombol pengaturan tingkat kekencangan suara mesin K8 anda, pilihannya adalah: High (Keras), Low (Pelan), Off (Tanpa Suara)

3. pH Setting : tombol ini digunakan jika pH air yang dihasilkan dari mesin kangen water anda lebih tinggi dari yang seharusnya (biasanya dikarenakan sumber air yang mengandung mineral berlebih), anda bisa menurunkan kadar ketinggian pH nya. (Default setting = 7) (catatan: jika sumber air anda sudah baik, setting ini biasanya jarang digunakan).

4. E-Cleaning : tombol ini digunakan saat anda melakukan perawatan pembersihan mesin menggunakan prosedur E-Cleaning.

5. Brightness : Anda dapat menyetel tingkat kecerahan layar LCD di tombol ini.

6. Sleep : Jika layar LCD mesin tidak dipencet selama jangka waktu tertentu, maka layar akan otomatis masuk dalam mode "SLEEP / Tidur", pilih setting berapa lama anda ingin mode otomatis ini aktif sendiri (Setting dari 1-5 menit. Default = 1 menit)

7. Filter Check : pada mode ini anda dapat melihat berapa lama lagi kira-kira filter mesin K8 harus diganti. Petunjuk bar akan meningkat satu demi satu seiring berlalunya waktu pemakaian. Jika petunjuk bar telah penuh maka mesin akan mengeluarkan notifikasi otomatis untuk segera mengganti filter. (total ada 6 bar, dimana setiap 1 bar mewakili jumlah pemakaian sebanyak 1000 Liter, total 6 bar adalah sebanyak 6000 liter).

8. Mineral Additive (Opsional) : mode ini digunakan jika pH air kangen water yang dihasilkan lebih rendah dari yang seharusnya. Pada mode ini, anda harus membeli bahan yang bernama Calcium Lactate (yang dijual terpisah di Kantor Enagic) yang berfungsi untuk menaikkan kadar pH air. (Catatan: mode ini sangat jarang digunakan di Indonesia).

9. Gambar Panah : Tombol kembali ke layar sebelumnya.

 

Penjelasan Mengenai fitur AUTO CLEANING pada Mesin K8

auto cleaning k8 kangen water

Fitur AUTO CLEANING pada mesin K8 akan otomatis aktif pada kondisi tertentu. Tujuannya untuk membalikkan fungsi kutub plat + (positif) dan - (negatif) agar deposit mineral yang menempel pada pelat bagian dalam mesin dapat luruh sendiri. Pada tipe mesin Kangen Water sebelumnya (seperti SD501, JRII), fitur ini dinamakan "NOTICE CLEANING" sedangkan pada Mesin K8, fitur Auto Cleaning ini tulisannya agak sedikit berbeda, berikut penjelasan dan hal yang harus anda lakukan saat proses ini berlangsung.

- KANGEN Refresh : Mesin K8 akan mengeluarkan notifikasi ini jika anda memproduksi air alkali KANGEN WATER ataupun BEAUTY WATER secara terus menerus selama sekitar 10 menit. Ketika anda menutup aliran keran, maka notifikasi tulisan KANGEN REFRESH akan muncul. Yang harus anda lakukan adalah membuka aliran keran, dan MEMBUANG air yang keluar dari PIPA ATAS selama proses ini berlangsung. Lamanya proses ini kira-kira 10 detik. Setelah selesai, akan muncul notifikasi KANGEN WATER / BEAUTY WATER seperti mode yang anda pilih dan anda dapat menggunakan mesin seperti biasa.


- Attention : Cleaning Notification : Mesin K8 akan mengeluarkan notifikasi ini jika sebelumnya anda memproduksi air STRONG ACIDIC pH 2.5 dan berpindah ke mode lain (seperti mode KANGEN WATER atau BEAUTY WATER), maka notifikasi ini akan muncul otomatis. Yang harus anda lakukan hanyalah MEMBUANG air yang keluar selama proses ini berlangsung (kira-kira 30 detik). Saat proses berlangsung, layar LCD mesin K8 anda akan mengeluarkan tulisan "Starting the cleaning cycle," kemudian setelah selesai tulisannya menjadi "The cleaning cycle is finished." Setelah proses ini selasai anda dapat kembali menggunakan mesin K8 anda seperti biasa. (Catatan: mode ini juga akan aktif secara otomatis jika anda baru pertamakali menggunakan mesin setelah lebih dari 24 jam mesin tidak diaktifkan).

 

Cara Pengisian Electrolysis Enhancher pada Mesin K8 untuk membuat Strong Acidic Water (pH 2.5) dan Strong Kangen Water (pH 11.5)

Untuk membuat Strong Acidic Water (pH 2.5) diperlukan cairan yang dinamakan Electrolysis Enhancer (atau biasa disebut cairan elektrolisis). Cairan elektrolisis ini merupakan air garam khusus yang membantu proses elektrolisis dalam menghasilkan air yang memiliki tingkat keasaman yang sangat kuat dengan pH 2.5 yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri. Adapun saat PIPA BAWAH Mesin K8 menghasilkan Strong Acidic Water pH 2.5 saat mode ini diaktifkan, maka secara bersamaan PIPA ATAS akan mengeluarkan Strong Kangen Water pH 11.5.

Jika anda baru membeli mesin Kangen Water, maka tangki electrolysis enhancer masih dalam keadaan kosong, anda harus terlebih dahulu mengisi cairan tersebut agar bisa menggunakan mode pH 2.5 tadi. Layar LCD Kangen 8 akan mengeluarkan notifikasi yang bertulisakan "OUT OF ENHANCER, REFILL ELECTROLYSIS ENHANCER." Segera isi tangki elektrolisis tersebut dengan cairan elektrolisis enhancer. Berikut caranya:

k8 electrolysis enhancer kangen water

1. Pertama-tama anda harus mengeluarkan tangki electrolysis enhancer dari dalam mesin K8, tarik dan keluarkan tangki tersebut yang terletak pada bagian depan sisi kanan bawah mesin K8 anda.

2. Buka tutup tangki lalu isikan cairan elektrolisis, kemudian setelah diisi tutup kembali tangki tersebut. (Catatan: saat pembelian pertama kali anda akan mendapatkan 1 botol cairan elektrolisis, jika cairan ini sudah habis anda dapat membeli refillnya di kantor Enagic Indonesia)
3. Setelah tangki ditutup rapat, kembalikan tangki ke tempatnya semula di dalam mesin K8.
4. Selesai. Kini anda dapat menekan tombol pH 2.5 pada mesin K8 anda untuk menghasilkan Strong Acidic Water pH 2.5 atau Strong Kangen Water pH 11.5

 

Cara Penggantian Filter Mesin K8

Filter mesin kangen water memiliki kapasitas sebesar 6000 liter (jika untuk pemakaian normal rumah tangga, maka masa pemakaian 6000 liter kira-kira selama 1 tahun lebih). Jika telah mencapai kapasitas ini, maka filter akan secara otomatis mengeluarkan notifikasi untuk meminta penggantian filter "Please change the filter." Berikut ini kami berikan langkah-langkah yang harus anda lakukan saat mengganti filter mesin K8.

 

1. Saat filter minta untuk diganti, pada layar LCD akan keluar tulisan notifikasi FILTER CHANGE - Please Change The Filter

k8 ganti filter 1

Catatan: Seandainya notifikasi ini muncul dan anda belum membeli filter yang baru, anda dapat menekan tombol Home (tombol bergambar rumah) dan anda dapat menggunakan mesin K8 seperti biasa, akan tetapi 2 minggu kemudian akan muncul lagi pesan untuk penggantian filter, segera beli filter yang baru agar mesin K8 anda dapat bekerja dengan baik.

 

2. Buka dan Lepaskan Cover Filter

k8 ganti filter 2

Pada kompartemen filter yang terletak di bagian samping kiri mesin, terdapat lambang tanda panah ke atas. Tekan tanda panah tersebut lalu geser cover ke arah atas, kemudian lepaskan cover filter tersebut.

 

3. Keluarkan Filternya

k8 ganti filter 3

Sebelum dapat melepaskan filter, ada pengunci filter yang harus digeser ke sebelah kiri, lepaskan pengunci tersebut lalu cabut filter lama anda.

 

4. Ganti filter lama dengan filter yang baru

k8 ganti filter 4

Catatan: Sebelum melakukan penggantian filter, pastikan bahwa di bagian bawah filter lama dan filter baru terdapat 2 buah cincin karet yang berwarna hitam (yang disebut Ring O) dengan ukuran satu besar dan satu kecil. Pastikan 2 buah ring O ini masih melekat di bagian bawah masing-masing filter. Fungsi Ring O ini adalah untuk mencegah kebocoran air. Setelah yakin bahwa Ring O ada pada tempatnya, barulah anda ganti filter lama dengan yang baru.

 

5. Pasang Pengunci Filter

k8 pasang filter 5

Setelah anda memasang filter yang baru, masukkan kembali pengunci filter, lalu geser ke sebelah kanan untuk mengunci filter agar merekat kuat pada tempatnya.

 

6. Pasang lagi Cover Filter

k8 ganti filter 6

 

7. Setelah cover filter anda pasang, maka filter akan ter-reset secara otomatis. Layar LCD mesin Kagen 8 anda akan kembali ke Menu Utama. Proses penggantian filter telah selesai, sekarang anda jalankan air dengan mode Kangen Water dan buang airnya selama 3 menit untuk membersihkan filter yang baru dipasang tersebut. Setelah itu proses selesai dan anda dapat menggunakan mesin Kangen 8 anda seperti biasa.


Catatan: Selalu pastikan untuk membeli semua aksesori Mesin Kangen Water yang ORGINAL (seperti filter, dll) dan dibeli langsung di kantor Enagic Indonesia agar terjamin keasliannya. Penggunaan aksesori Mesin Kangen Water non-original (alias palsu) dapat berakibat pada kerusakan mesin Kangen Water anda serta batalnya garansi.

Di bawah ini kami juga memberikan video di Youtube mengenai cara mengganti filter Kangen Water untuk mesin K8 (Kangen 8).

 

Prosedur E-Cleaning Pada Mesin Kangen Water K8 (Kangen 8)

Perawatan yang rutin sangat diperlukan untuk semua barang-barang elektronik yang anda miliki, tak terkecuali mesin Kangen Water. Proses perawatan dan pembersihan mesin kangen water secara manual dinamakan Prosedur E-Cleaning. Prosedur E-Cleaning ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan mengikuti petunjuk di bawah ini. Adapun E-Cleaning bertujuan untuk membersihkan pelat-pelat elektroda di dalam mesin K8 anda agar bersih dari mineral-mineral kalsium yang menempel. Jika anda tidak pernah melakukan E-Cleaning, maka mineral-mineral yang menumpuk pada pelat mesin akan semakin menebal sehingga mengakibatkan terganggunya proses elektrolisis / ionisasi air, yang berakibat menurunnya kualitas pH air serta antioksidan yang dihasilkan oleh mesin Kangen Water anda. Disarankan untuk secara rutin melakukan prosedur E-Cleaning ini selama 1-2 minggu sekali. (Jika anda sangat sering memproduksi Kangen Water setiap harinya, maka disarankan untuk melakukan prosedur ini seminggu sekali, jika produksi kangen water anda normal untuk ukuran rumah tangga yaitu untuk minum sehari-hari, maka prosedur ini bisa dilakukan 2 minggu sekali).

Berikut langkah-langkah Prosedur E-Cleaning yang harus anda lakukan untuk Mesin K8 (Kangen 8) anda.

Catatan: Untuk tipe mesin SD501, SD501 Platinum dan JRII, prosedur E-cleaningnya bisa anda baca pada link INI


Alat-alat yang harus disiapkan:

kangen 8 e cleaning tutorial 1
1. Gelas yang berisi air bersih sebanyak 400ml.
2. Dua sachet bubuk Cleaning Powder (saat anda membeli mesin Kangen Water, sudah disertakan beberapa sachet bubuk E-cleaning powder, jika bubuk tersebut telah habis, anda dapat membeli refillnya di Kantor Enagic Indonesia)
3. Tangki E-Cleaning
4. Cleaning Cartridge
5. Penutup pipa bawah (RED CAP berwarna merah) 1 pcs



Langkah-langkah:

kangen 8 e cleaning tutorial 2

kangen 8 e cleaning tutorial 3

1. Pastikan bahwa tidak ada aliran air yang masuk ke dalam mesin Kangen Water, kemudian di layar LCD tekan tombol "Setting" kemudian pilih "E-Cleaning"

2. Di layar LCD terdapat tulisan E-Cleaning Instructions? "YES" atau "NO", jika anda pilih "YES" maka di layar berikutnya akan tampil petunjuk mengenai cara mencampurkan bahan-bahan di atas, jika anda pilih 'NO" maka anda dianggap telah tahu cara mencampurkan bahan-bahan yang diperlukan, dan bisa langsung loncat ke langkah no.6. Dalam hal tutorial ini kita pilih "YES" saja dulu.

3. (E-Cleaning 1) Tuangkan 2 sachet bubuk Cleaning Powder yang tadi telah disiapkan ke dalam Tangki E-Cleaning, selanjutnya campurkan dengan 400 ml air, lalu kocok-kocok. Setelah selesai tekan tombol "OK" pada layar LCD.

4. (E-Cleaning 2) Tukarkan Tangki yang ada di dalam mesin K8 dengan tangki E-Cleaning (yang telah anda isi cairan bubuk E-cleaning barusan). Jika sudah, pada layar LCD Tekan tombol "OK"

5. Jika AKSESORIS yang anda gunakan adalah ASLI / ORIGINAL dari Enagic (dalam hal ini Tangki serta bubuk e-cleaner), maka mesin K8 anda akan mendeteksi dan mengeluarkan tulisan "The tank is recognized", kemudian akan otomatis lanjut menuju langkah berikutnya.

6. (E-Cleaning 3) Keluarkan filter yang terletak di sebelah kiri mesin, kemudian ganti dengan Cleaning Cartridge yang tadi telah dipersiapkan.

7. (E-Cleaning 4) Kenakan penutup berwarna merah (Red Cap) Pada pipa bawah mesin K8 agar air tidak mengalir dari pipa bawah.

8. (E-Cleaning 5) Tekan tombol "START" untuk memulai proses E-Cleaning.

9. (E-Cleaning 6) Layar LCD akan menunjukkan hitungan mundur selama 3 jam sampai proses E-Cleaning selesai.

10. (E-Cleaning 7) Setelah 3 jam berlalu, pada layar LCD akan bertuliskan "Cleaning is finished", lepaskan penutup warna merah (Red Cap) pada pipa bawah. Lalu tekan tombol "OK" pada layar LCD.

11. (E-Cleaning 8) Lepaskan Cleaning Cartridge, kemudian pasang kembali filter ke tempatnya semula. Tekan tombol "OK".

12. (E-Cleaning 9) Lepaskan tangki E-Cleaning, dan pasang kembali tangki yang sebelumnya. tekan tombol "OK"

13. (E-Cleaning 10) Selanjutnya nyalakan aliran keran air untuk membilas mesin K8.

14. (E-Cleaning 11) pada layar LCD akan tampil hitungan mundur selama 300 detik.

15. (E-Cleaning 12) selesai. Layar LCD akan bertuliskan "Complete", matikan aliran keran air.

16. Layar LCD akan kembali ke Menu Utama, prosedur E-Cleaning telah selesai, anda dapat menggunakan mesin K8 anda seperti biasa.

Harap melakukan perawatan rutin prosedur E-Cleaning ini selama 1-2 minggu sekali (tergantung banyaknya produksi Kangen Water harian anda). Hal ini untuk memastikan bahwa air alkali yang dihasilkan tetap memiliki kualitas tinggi untuk dapat dinikmati anda sekeluarga. Mesin Kangen Water yang tidak pernah dirawat menggunakan prosedur E-Cleaning akan tersumbat dan menghasilkan penurunan kualitas pH air. Jika dibiarkan lama-lama dapat mengakibatkan kerusakan mesin. Jadi ingatlah untuk selalu melakukan perawatan rutin sederhana ini agar mesin Kangen Water anda bisa tetap awet dan tahan lama.

 

Di bawah ini kami juga menyertakan video tutorial petunjuk mengenai cara melakukan prosedur E-Cleaning untuk Mesin Kangen Water Tipe K8 (Kangen 8)

 

. Klik tombol LIKE/SHARE jika anda menyukai artikel ini.

Berikan Komentar

Security code
Refresh

Tentang Distributor

hironari oshiro

Dikky Satia adalah Distributor Resmi Penjualan Mesin Kangen Water untuk wilayah Indonesia. Ia mengajarkan kepada client-clientnya bermacam-macam pengetahuan mengenai manfaat, potensi bisnis, serta keunggulan sesungguhnya dari air ajaib ini yang kini mulai dikenal luas di seluruh Indonesia.

Jika anda tertarik menjadi Mitra Bisnis ataupun ingin membeli mesin Kangen Water untuk dipakai di rumah anda, silakan menghubungi:

DIKKY SATIA
HP: 0878.8739.0449

Atau anda juga bisa menghubungi MITRA-MITRA KAMI yang namanya tercantum di dalam website ini.